Record Details

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS. WAHID HASYIM 01 DAU

Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS. WAHID HASYIM 01 DAU
 
Creator Syaifudin, Muhammad Azhar
 
Description Model penelitian yang dikembangkan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan tahapan yakni (1) Analisis meliputi menganalisis kompetensi pembelajaran, karakteristik siswa, dan merumuskan tujuan media pembelajaran  (2) Desain meliputi pembuatan flow chart alur program dan desain rancangan (3) Development media pembelajaran dengan Aplikasi Lectora Inspire 17 dan validasi ahli terhadap media pembelajaran (4) Penerapan yaitu pelaksanaan uji coba media pembelajaran untuk menilai respon siswa terhadap media pembejaran dan (5) Evaluation yaitu proses pelaksanaan media pembelajaran berbasis lectora inspire untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran. Hasil penelitian yang dikembangkan peneliti dalam pembelajaran SKI Kelas VIII memenuhi kriteria valid dengan hasil uji coba ahli materi 3,05, ahli media 3,05, ahli materi dari guru 3,27 dan hasil uji coba respon siswa 3,29. Hasil pelaksanaan tes uji keefektifan media pembelajaran dengan tahapan yang pertama, melakukan pembagian 2 kelompok terdiri dari 20 siswa yang dibagi kedalam kelas kontrol dan kelas eksperimen, masing-masing 10 siswa. Kedua pelaksanaan pembelajaran di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil keefektifan media pembelajaran dapat diketahui dengan rumus (t-tes) dengan mencari (r) hubungan antara data kelas kontrol dan kelas eksperimen, responden 10 siswa dibuktikan bahwa nilai t berdasarkan perhitungan ternyata t hitung -6 jatuh pada penerimaan Ha maka t hitung lebih besar dari pada t tabel Ha diterima Ho ditolak dalam keefektifan dan kelayakan semakin meningkatkan motivasi belajar
 
Publisher Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam
VICRATINA
 
Contributor
 
Date 2019-07-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3152
 
Source Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 4, No 1 (2019); 18-24
VICRATINA; Vol 4, No 1 (2019); 18-24
2087-068X
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3152/2820
 
Rights Copyright (c) 2019 Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam