Record Details

GENDER MAINSTREAMING ANALISA METODOLOGI STUDI GENDER PEMIKIRAN NASR HAMID ABU ZAYD DAN AMINA WADUD

Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title GENDER MAINSTREAMING ANALISA METODOLOGI STUDI GENDER PEMIKIRAN NASR HAMID ABU ZAYD DAN AMINA WADUD
 
Creator Syafi’i, Imam
 
Description Abstrak: wacana gender yang dikembangkan Nasr Hamid Abu Zayd merupakan pembacaan teks secara komprehensif dengan menggunakan paradigma ilmu-ilmu modern, yaitu ilmu sosial, humaniora, dan hermeneutik. Melalui pendekatan ini, pembacaan terhadap teks akan melampaui dunia author dan dunia interpreter. Pembacaan teks tidak hanya berhenti pada yang tersurat dalam teks makna asal, tetapi sampai pada substansi pada makna yang tersirat, sehingga teks-teks keagamaan mampu berdialog dengan zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan. Persamaan kedua tokoh feminis ini sama-sama pemerhati gender, hanya saja Amina sebagai pemerhati gender insider dan Nasr pemerhati gender outsider. Berkaitan dengan metodologi yang mereka gunakan dalam studi gender ini, Amina menggunakan pendekatan hermeneutika dan Nasr mengunakan pembacaan kontekstual, sehingga pembacaan kritis atas teks-teks keagamaan yang berkaitan dengan gender sesuai prinsif Islam, agar tidak berada dalam posisi sepihak atau pembenaran pada tradisi patriakal yang sampai sekarang masih mengakar kuat, sehingga analisis terhadap karya dua tokoh feminis ini tetap tidak boleh berhenti, karena kebenaran absolut itu tidak hanya dimiliki oleh kelompok tertentu, dan begitu juga kepada kelompok lain. Di samping itu wacana yang dikembangkan Nasr dalam studi Islam kontemporer adalah pembacaan terhadap teks-teks keagamaan yang berkembang saat ini tidak bisa berhubungan, berdialog, bahkan belum menyentuh ilmu pengetahuan modern yang berkembang pesat di Barat. Keywords:Gender, Metodologi Pemikiran, Nasr dan Amina
 
Publisher Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam
VICRATINA
 
Contributor
 
Date 2017-10-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/264
 
Source Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 1 (2017); 10-26
VICRATINA; Vol 2, No 1 (2017); 10-26
2087-068X
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/264/312
 
Rights Copyright (c) 2017 Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan