Record Details

TANGGUNG JAWAB ENDORSER ATAS KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT PENGGUNAAN PRODUK ENDORSEMENT

Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TANGGUNG JAWAB ENDORSER ATAS KERUGIAN KONSUMEN AKIBAT PENGGUNAAN PRODUK ENDORSEMENT
 
Creator Anjarningtyas, Meidiana Cahya
 
Description ABSTRACT            Endorsement can be said to be an action to support a product or service and is part of a form of promotion that is supported by someone who is considered important and influential. The problem in this study is how the legal position of the endorser in the endorsement agreement in the perspective of Law No. 8 of 1999 concerning Consumer Protection and how the endorser is responsible for consumer losses due to using endorsed products. This study uses normative juridical research, namely examining legal norms related to consumer protection law in advertising through endorsements by endorsers. The results show that the position of the endorser is as a liaison between business actors and consumers when promoting goods from business actors and consumer losses experienced are the responsibility of the business actor who produces the product unless the endorser at the time of promoting is not in accordance with the laws and regulations, he can be asked liability based on unlawful acts in Article 1365 of the Civil Code.Keywords: Responsibility, Endorsement, Social Media.  ABSTRAK Endorsement dapat dikatakan sebuah tindakan untuk mendukung produk atau jasa dan merupakan bagian dari bentuk promosi yang didukung oleh seseorang yang dianggap penting dan berpengaruh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kedudukan hukum endorser dalam perjanjian endorsement dalam perspektif Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan bagaimana tanggung jawab endorser atas kerugian konsumen akibat menggunakan produk endorse. Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis normatif yaitu mengkaji norma-norma hukum yang terkait dengan hukum perlindungan konsumen dalam periklanan melalui endorsement oleh endorser. Hasilnya menujukkan bahwa kedudukan endorser adalah sebagai penghubung antara pelaku usaha dan konsumen pada saat mempromosikan barang dari pelaku usaha dan kerugian konsumen yang dialami adalah tanggung jawab pelaku usaha yang memproduksi produk tersebut kecuali jika endorser pada saat mempromosikan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan maka dapat dimintai pertanggungjawaban yang didasarkan pada perbuatan melawan hukum dalam Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.Kata kunci: Tanggung Jawab, Endorsement, Media Sosial.
 
Publisher Fakultas Hukum Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2022-01-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jdh/article/view/14511
 
Source Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum; Vol 28, No 4 (2022): Dinamika; 3688 - 3701
2745-9829
0854-7254
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jdh/article/view/14511/10977
 
Rights Copyright (c) 2022 Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum