Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Cabai Merah Keriting di Desa Karangtawar Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Cabai Merah Keriting di Desa Karangtawar Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan
|
|
Creator |
Ifazah, Izza Nailatul
Susilowati, Dwi Hindarti, Sri |
|
Description |
AbstrakSalah satu jenis cabai yang memiliki permintaan tinggi adalah cabai merah keriting. Permintaan terhadap cabai merah keriting untuk kebutuhan sehari-hari dapat berfluktuasi. Untuk memenuhi seluruh kebutuhan cabai merah keriting tersebut diperlukan pasokan cabai yang mencukupi. Apabila pasokan cabai kurang atau lebih rendah dari konsumsi maka akan terjadi kenaikan harga. Sebaliknya apabila pasokan cabai melebihi kebutuhan maka harga akan turun. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui karakteristik konsumen cabai merah keriting, (2) Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli cabai merah keriting (Capsicum annum L.). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karangtawar Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu didasarkan atas pertimbangan berdasarkan kesesuaian karakteristik dan tujuan penelitian. Responden di ambil dari penduduk di Desa Karangtawar sebanyak 438 KK, dengan menggunakan teknik Accidental Sampling yaitu merupakan pengambilan sampel secara kebetulan ada di tempat penelitian (Notoatmojo, 2010) sehingga didapatkan 40 responden. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data skunder, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistika (regresi model logit). Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan faktor-faktor yangmempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli cabai merah keriting adalah variabel harga, pendidikan, pendapatan, dan selera, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh adalah variabel kualitas dan gaya hidup.Kata Kunci : Karakteristik Konsumen, Keputusan Konsumen, Analisis Regresi Model Logit.
|
|
Publisher |
Program Studi Agribisnis
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-05-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/SEAGRI/article/view/11016
|
|
Source |
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis; Vol 9, No 2 (2021): SEAGRI Volume 9 No 2 Tahun 2021
2339-1111 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/SEAGRI/article/view/11016/8607
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Izza Nailatul Ifazah, Dwi Susilowati, Sri Hindarti
|
|