ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH (capsium annum) PADA KELOMPOK TANI SUMBER MAKMUR DI KELURAHAN MERJOSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH (capsium annum) PADA KELOMPOK TANI SUMBER MAKMUR DI KELURAHAN MERJOSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG
|
|
Creator |
Faiqoh, Izzan
Susilowati, Dwi Sudjoni, Moh Nurhadi |
|
Description |
ABSTRAKPenelitian ini memiliki tujuan yaitu 1. Mengetaui saluran pemasaran sayuran cabai merah yang dilakukan oleh lmbaga pemasaran yang terlibat langsung pada saluran pemsaran cabai merah di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang . 2. Mengetahui besarnya biaya, fungsi, margin pemasaran bagi hasil petani, efisiensi pemasaran, integrasi pasar, dan elastisitas transmisi harga cabai merah di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang . Dari hasil analisis Saluran pemasaran cabai merah di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang terdiri dari 2 saluran pemasaran yaitu saluran petama petani → pedagang pengumpul → perusahaan, saluran pemasaran ke dua yaitu petani → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen. Pasa saluran 1 memiliki harga jual di tingkat produsen (petani) sebesar Rp. 43.040 dengan harga beli pada tingkat pedagang luar daerah (konsumen) sebesar Rp. 46.570 dengan masrgin total pemsaran sebesar Rp. 3.530 dan memliki efisiensi margin sebsar 7,5%. Sedangkan untuk saluran pemasaran 2 memiliki harga jual di tingkat produsen (petani) sebesar Rp. 43.429 dan harga beli di tingkat masyarakat (konsumen) akhir sebesar Rp. 65.400 dengan margin pemasaran sebesar Rp. 12.971 dan memiliki efisiensi margin pemasaran sebesar 23%. Pada analisis Integrasi pasar mendapatkan hasil pasar yant terjadi adalah pasar prsaingan tidak sempurna nilai t hitung yang di dapat <0,05 Sehingga dapat di simpulakan pasar yang terjadi adalah pasar persaingan tidak sempuna karena nilai t hitung kurang dari 0,05 dan b kurang dari satu yang menunjukkan bahwa itegrasi pasar mengara pada monopoli penjualan.Kata kunci : Efesiensi Pemasaran, Cabai Merah.
|
|
Publisher |
Program Studi Agribisnis
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-05-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/SEAGRI/article/view/11020
|
|
Source |
Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis; Vol 9, No 2 (2021): SEAGRI Volume 9 No 2 Tahun 2021
2339-1111 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/SEAGRI/article/view/11020/8611
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Izzan Faiqoh, Dwi Susilowati, Moh Nurhadi Sudjoni
|
|