Record Details

ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH (capsium annum) PADA KELOMPOK TANI SUMBER MAKMUR DI KELURAHAN MERJOSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH (capsium annum) PADA KELOMPOK TANI SUMBER MAKMUR DI KELURAHAN MERJOSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG
 
Creator Faiqoh, Izzan
Susilowati, Dwi
Sudjoni, Moh Nurhadi
 
Description ABSTRAKPenelitian ini memiliki tujuan yaitu 1. Mengetaui saluran pemasaran sayuran cabai merah yang dilakukan oleh lmbaga pemasaran yang terlibat langsung pada saluran pemsaran cabai merah di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang . 2. Mengetahui besarnya biaya, fungsi, margin pemasaran bagi hasil petani, efisiensi pemasaran, integrasi pasar, dan elastisitas transmisi harga cabai merah di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang . Dari hasil analisis Saluran pemasaran cabai merah di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang terdiri dari 2 saluran pemasaran yaitu saluran petama petani → pedagang pengumpul → perusahaan, saluran pemasaran ke dua yaitu petani → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen. Pasa saluran 1 memiliki harga jual di tingkat produsen (petani) sebesar Rp. 43.040 dengan harga beli pada tingkat pedagang luar daerah (konsumen) sebesar Rp. 46.570 dengan masrgin total pemsaran sebesar Rp. 3.530 dan memliki efisiensi margin sebsar 7,5%. Sedangkan untuk saluran pemasaran 2 memiliki harga jual di tingkat produsen (petani) sebesar Rp. 43.429 dan harga beli di tingkat masyarakat (konsumen) akhir sebesar Rp. 65.400 dengan margin pemasaran sebesar Rp. 12.971 dan memiliki efisiensi margin pemasaran sebesar 23%. Pada analisis Integrasi pasar mendapatkan hasil pasar yant terjadi adalah pasar prsaingan tidak sempurna nilai t hitung yang di dapat <0,05 Sehingga dapat di simpulakan pasar yang terjadi adalah pasar persaingan tidak sempuna karena nilai t hitung kurang dari 0,05 dan b kurang dari satu yang menunjukkan bahwa itegrasi pasar mengara pada monopoli penjualan.Kata kunci : Efesiensi Pemasaran, Cabai Merah.
 
Publisher Program Studi Agribisnis
 
Contributor
 
Date 2021-05-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/SEAGRI/article/view/11020
 
Source Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis; Vol 9, No 2 (2021): SEAGRI Volume 9 No 2 Tahun 2021
2339-1111
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/SEAGRI/article/view/11020/8611
 
Rights Copyright (c) 2021 Izzan Faiqoh, Dwi Susilowati, Moh Nurhadi Sudjoni