Record Details

HUBUNGAN WAKTU TUNGGU DAN SIKAP PETUGAS DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA (RSIS) JEMURSARI

Medical Technology and Public Health Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title HUBUNGAN WAKTU TUNGGU DAN SIKAP PETUGAS DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA (RSIS) JEMURSARI
HUBUNGAN WAKTU TUNGGU DAN SIKAP PETUGAS DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA (RSIS) JEMURSARI
 
Creator Adriansyah, Agus Aan
Nadatien, Ima
 
Subject waiting time, officer attitude, patient satisfaction
Waktu Tunggu, Sikap Petugas, Kepuasan Pasien.
 
Description Introduction: Jemursari Surabaya Islamic Hospital has a Pharmacy Installation service that requires long prescription service waiting times. This resulted in the emergence of patient dissatisfaction with the quality of services available at the Jemursari Islamic Hospital Pharmacy Installation in Surabaya. In relation to patient satisfaction and the quality of service at the Jemursari Islamic Hospital, there are still patients who are dissatisfied with the services of the Jemursari Islamic Hospital Pharmacy Installation staff. This study aims to analyze the relationship between waiting time and the attitude of the officer with patient satisfaction at the Jemursari Islamic Hospital Pharmacy Installation in Surabaya.
Method: this study was an observational analytic study using aapproach cross sectional. The research locations were in Depo 1 Pharmacy Installation, Jemursari Islamic Hospital, Jl Jemursari no. 51-57, Jemur Wonosari, Wonocolo, Surabaya City, East Java. The research sample was 100 respondents using random sampling techniques. The data obtained were then analyzed using thetest chi square.
Results: the results of the study showed that there was a significant relationship between service waiting time and the attitude of the officers in the service at the Pharmacy Installation with the level of satisfaction felt. Waiting time for services at Depo 1 Pharmacy is not in accordance with the Standard Minimum Procedure that has been determined.
Conclusion: the waiting time and attitude of the officers have a significant relationship to patient satisfaction.
Pendahuluan: Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya mempunyai pelayanan Instalasi Farmasi yang membutuhkan waktu tunggu pelayanan resep yang lama. Hal ini mengakibatkan munculnya ketidakpuasan pasien terhadap kualitas pelayanan yang ada di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Dalam hubungannya dengan  kepuasan  pasien dan  kualitas pelayanan Rumah Sakit Islam Jemursari, masih terdapat pasien yang merasa tidak puas dengan pelayanan petugas Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jemursari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan waktu tunggu dan sikap petugas dengan kepuasan   pasien pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya.
Metode: penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian berada di Instalasi Farmasi Depo 1, Rumah Sakit Islam Jemursari, Jl Jemursari no 51-57, Jemur Wonosari, Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Sampel penelitian sebesar 100 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji chi square.
Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara waktu tunggu pelayanan dan sikap petugas pada pelayanan di Instalasi Farmasi dengan tingkat kepuasan yang dirasakan. Waktu tunggu pelayanan di Depo 1 Farmasi tidak sesuai dengan Standar Prosedur Minimal yang telah ditentukan.
Kesimpulan: waktu tunggu dan sikap petugas memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pasien.
 
Publisher UNUSA Press
 
Date 2019-03-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal2.unusa.ac.id/index.php/MTPHJ/article/view/946
10.33086/mtphj.v3i1.946
 
Source Medical Technology and Public Health Journal; Vol. 3 No. 1 (2019): Medical Technology and Public Health Journal March 2019; 1-8
TEKNOLOGI MEDIS DAN JURNAL KESEHATAN UMUM; Vol 3 No 1 (2019): Medical Technology and Public Health Journal March 2019; 1-8
2549-2993
2549-189X
10.33086/mtphj.v3i1
 
Language eng
 
Relation https://journal2.unusa.ac.id/index.php/MTPHJ/article/view/946/679
 
Rights Copyright (c) 2019 Medical Technology and Public Health Journal
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0