Record Details

Integrasi sekolah berbasis peace culture education: program, refleksi, dan implikasi

Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Integrasi sekolah berbasis peace culture education: program, refleksi, dan implikasi
Integrasi sekolah berbasis peace culture education: program, refleksi, dan implikasi
 
Creator Hanafi, Yusuf
Anam, Faris Khoirul
Sultoni, Achmad
Thoriquttyas, Titis
Saefi, Muhammad
Diyana, Tsania Nur
Ikhsan, M. Alifudin
 
Subject agama; budaya damai; sekolah
agama; budaya damai; sekolah
 
Description Tulisan ini mencoba menjelaskan program edukasi sekolah berbasis peace education (PE) yang diprakarsai oleh tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Malang dengan mitra majelis Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sub Rayon 33 Wagir Kabupaten Malang. Secara rinci, kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif yang bertujuan menanamkan nilai-nilai perdamaian dan semangat hidup berdampingan antar umat beragama, khususnya diantara sekolah yang beragam corak keagamaanya di Kecamatan Wagir. Program edukasi berbasis PE dilaksanakan melalui rangkaian kegiatan seminar, focus group discussion (FGD), hingga pelaksanaan langsung kepada siswa dalam pembelajaran di kelas. Program ini dilakukan dalam dua sesi utama, yakni kegiatan seminar dengan pembahasan tentang moderasi beragama dan FGD dengan fokus pada implementasinya. Dari kegiatan ini, dihasilkan sejumlah poin penting yang dapat dilakukan di sekolah dan kelas yakni membangun atmosfer atau budaya sekolah yang mendukung dengan mengapresiasi budaya yang berbeda, melakukan resolusi konflik, mendorong  partisipasi aktif dan kolaboratif, membangun sikap toleransi, dan membuat nilai-nilai agama menjadi pegangan kepala sekolah, guru, dan siswa dalam menjalankan tugas di sekolah. 
Tulisan ini mencoba menjelaskan program edukasi sekolah berbasis peace education (PE) yang diprakarsai oleh tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Malang dengan mitra majelis Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sub Rayon 33 Wagir Kabupaten Malang. Secara rinci, kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif yang bertujuan menanamkan nilai-nilai perdamaian dan semangat hidup berdampingan antar umat beragama, khususnya di antara sekolah yang beragam corak keagamaanya di Kecamatan Wagir. Program edukasi berbasis PE dilaksanakan melalui rangkaian kegiatan seminar, focus group discussion (FGD), hingga pelaksanaan langsung kepada siswa dalam pembelajaran di kelas. Program ini dilakukan dalam dua sesi utama, yakni kegiatan seminar dengan pembahasan tentang moderasi beragama dan FGD dengan fokus pada implementasinya. Dari kegiatan ini, dihasilkan sejumlah poin penting yang dapat dilakukan di sekolah dan kelas yakni membangun atmosfer atau budaya sekolah yang mendukung dengan mengapresiasi budaya yang berbeda, melakukan resolusi konflik, mendorong partisipasi aktif dan kolaboratif, membangun sikap toleransi, dan membuat nilai-nilai agama menjadi pegangan kepala sekolah, guru, dan siswa dalam menjalankan tugas di sekolah. Implikasi dari kegiatan ini setidaknya memuat dua hal penting yakni menjadikan sekolah sadar atas pentingnya pendidikan budaya damai dan menyadarkan siswa tentang pentingnya sikap toleransi terhadap sesama
 
Publisher University of Islam Malang
 
Contributor

 
Date 2022-01-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/13127
10.33474/jipemas.v5i1.13127
 
Source Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); 106-118
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); 106-118
2621783X
2654282X
10.33474/jipemas.v5i1
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/13127/11682
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/13127/11142
 
Rights Copyright (c) 2022 Yusuf Hanafi, Faris Khoirul Anam, Achmad Sultoni, Titis Thoriquttyas, Muhammad Saefi, Tsania Nur Diyana, M. Alifudin Ikhsan
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0