Record Details

Pengembangan instrumen supervisi akademik dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi

Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan instrumen supervisi akademik dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi
Pengembangan instrumen supervisi akademik dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi
 
Creator Hariyati, Nunuk
Karwanto, Karwanto
Khamidi, Amrozi
Rifqi, Ainur
 
Subject pengembangan instrumen; supervisi akademik; pembelajaran berdiferensiasi
pengembangan instrumen; supervisi akademik; pembelajaran berdiferensiasi
 
Description Kebijakan Merdeka Belajar digulirkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai wujud transformasi pengelolaan pendidikan yang menempatkan well-being peserta didik sebagai orientasi utama dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi alternatif model pembelajaran yang mampu mewujudkan well-being bagi peserta didik. Sebagai seorang supervisor, Kepala Sekolah berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik. Pengembangan instrumen supervisi akademik yang mengarah pada pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu upaya penting yang dapat mewujudkan well-being peserta didik sekaligus mendukung Kebijakan Merdeka Belajar. Analisis situasi di Kabupaten Nganjuk menghasilkan informasi: (1) pembelajaran berdiferensiasi belum diketahui secara detail oleh guru, (2) instrumen supervisi akademik dalam pembelajaran berdiferensiasi belum dikembangkan oleh kepala sekolah. Sehingga tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan instrumen supervisi dalam pembelajaran berdiferensiasi. Metode pelatihan yaitu melalui pendekatan ekspositori, pembimbingan, penugasan dan FGD (Focus Group Discussion) yang diikuti 54 Kepala Sekolah yang tergabung dalam MKKS.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata pro-test terhadap pre-test yaitu sebesar 20%. Selain itu penugasan terhadap kepala sekolah menjadi sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan menyusun instrumen supervisi akademik dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi
Kebijakan Merdeka Belajar digulirkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai wujud transformasi pengelolaan pendidikan yang menempatkan well-being peserta didik sebagai orientasi utama dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi alternatif model pembelajaran yang mampu mewujudkan well-being bagi peserta didik. Sebagai seorang supervisor, Kepala Sekolah berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik. Pengembangan instrumen supervisi akademik yang mengarah pada pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu upaya penting yang dapat mewujudkan well-being peserta didik sekaligus mendukung Kebijakan Merdeka Belajar. Analisis situasi di Kabupaten Nganjuk menghasilkan informasi: (1) pembelajaran berdiferensiasi belum diketahui secara detail oleh guru, (2) instrumen supervisi akademik dalam pembelajaran berdiferensiasi belum dikembangkan oleh kepala sekolah. Sehingga tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan instrumen supervisi dalam pembelajaran berdiferensiasi. Metode pelatihan yaitu melalui pendekatan ekspositori, pembimbingan, penugasan dan FGD (Focus Group Discussion) yang diikuti 54 Kepala Sekolah yang tergabung dalam MKKS.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata pro-test terhadap pre-test yaitu sebesar 20%. Selain itu penugasan terhadap kepala sekolah menjadi sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan menyusun instrumen supervisi akademik dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi.
 
Publisher University of Islam Malang
 
Contributor
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Surabaya dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Nganjuk
 
Date 2021-12-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/13605
10.33474/jipemas.v5i1.13605
 
Source Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); 33-44
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); 33-44
2621783X
2654282X
10.33474/jipemas.v5i1
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/13605/11675
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/13605/10828
 
Rights Copyright (c) 2022 Nunuk Hariyati, Karwanto Karwanto, Amrozi Khamidi, Ainur Rifqi
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0