Perluasan pasar produk olahan ikan patin melalui perbaikan kemasan dan promosi daring
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Perluasan pasar produk olahan ikan patin melalui perbaikan kemasan dan promosi daring
Perluasan pasar produk olahan ikan patin melalui perbaikan kemasan dan promosi daring |
|
Creator |
Sofia, Leila Ariyani
Yunita, Rizmi |
|
Subject |
ikan patin; olahan; pengemasan; promosi; pasar
ikan patin; olahan; pengemasan; promosi; pasar |
|
Description |
Ketersediaan ikan patin hasil sentra budidaya minapolitan Kabupaten Banjar cukup besar. Namun ikan masih dominan dipasarkan dalam kondisi segar dengan persaingan yang tinggi maka harga ikan patin cenderung berfluktuasi. Karenanya perlu upaya pengolahan untuk meningkatkan nilai tambah. PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengolahan, pengemasan, dan labelisasi; promosi produk melalui media daring, serta penilaian kelayakan finansial usaha. Metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan terdiri dari (1) Sosialisasi dan diskusi, (2) Demonstrasi, (3) Pelatihan dan pendampingan, dan (4) Evaluasi. Pelatihan dan pendampingan pengolahan, pengemasan dan labelisasi produk olahan ikan patin kepada kelompok mitra telah memberikan pengaruh pada peningkatan pemahaman anggota kelompok, meskipun peningkatan baru terjadi pada beberapa anggota kelompok. Proses adopsi dan difusi di antara anggota kelompok mitra terhadap pengelolaan usaha kelompok dengan manajemen yang baik, serta pemasaran produk menggunakan media daring menimbulkan perubahan sikap bisnis kelompok ke arah yang lebih baik. Promosi produk melalui media daring diharapkan akan berdampak terhadap perluasan jangkauan pemasaran produk dan keuntungan usaha olahan ikan patin.
Ketersediaan ikan patin hasil sentra budidaya minapolitan Kabupaten Banjar cukup besar. Namun ikan masih dominan dipasarkan dalam kondisi segar dengan persaingan yang tinggi maka harga ikan patin cenderung berfluktuasi. Karenanya perlu upaya pengolahan untuk meningkatkan nilai tambah. PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengolahan, pengemasan, dan labelisasi; promosi produk melalui media daring, serta penilaian kelayakan finansial usaha. Metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan terdiri dari (1) Sosialisasi dan diskusi, (2) Demonstrasi, (3) Pelatihan dan pendampingan, dan (4) Evaluasi. Pelatihan dan pendampingan pengolahan, pengemasan dan labelisasi produk olahan ikan patin kepada kelompok mitra telah memberikan pengaruh pada peningkatan pemahaman anggota kelompok, meskipun peningkatan baru terjadi pada beberapa anggota kelompok. Proses adopsi dan difusi di antara anggota kelompok mitra terhadap pengelolaan usaha kelompok dengan manajemen yang baik, serta pemasaran produk menggunakan media daring menimbulkan perubahan sikap bisnis kelompok ke arah yang lebih baik. Promosi produk melalui media daring diharapkan akan berdampak terhadap perluasan jangkauan pemasaran produk dan keuntungan usaha olahan ikan patin. |
|
Publisher |
University of Islam Malang
|
|
Contributor |
—
LPPM Universitas Lambung Mangkurat |
|
Date |
2021-12-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
application/pdf |
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/11860
10.33474/jipemas.v5i1.11860 |
|
Source |
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); 58-70
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); 58-70 2621783X 2654282X 10.33474/jipemas.v5i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/11860/11677
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/11860/10856 |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Leila Ariyani Sofia, Rizmi Yunita
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|