Record Details

Perluasan pasar produk olahan ikan patin melalui perbaikan kemasan dan promosi daring

Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perluasan pasar produk olahan ikan patin melalui perbaikan kemasan dan promosi daring
Perluasan pasar produk olahan ikan patin melalui perbaikan kemasan dan promosi daring
 
Creator Sofia, Leila Ariyani
Yunita, Rizmi
 
Subject ikan patin; olahan; pengemasan; promosi; pasar
ikan patin; olahan; pengemasan; promosi; pasar
 
Description Ketersediaan ikan patin hasil sentra budidaya minapolitan Kabupaten Banjar cukup besar. Namun ikan masih dominan dipasarkan dalam kondisi segar dengan persaingan yang tinggi maka harga ikan patin cenderung berfluktuasi.  Karenanya perlu upaya pengolahan untuk meningkatkan nilai tambah. PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengolahan, pengemasan, dan labelisasi; promosi produk melalui media daring, serta penilaian kelayakan finansial usaha. Metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan terdiri dari (1) Sosialisasi dan diskusi, (2) Demonstrasi, (3) Pelatihan dan pendampingan, dan (4) Evaluasi.  Pelatihan dan pendampingan pengolahan, pengemasan dan labelisasi produk olahan ikan patin kepada kelompok mitra telah memberikan pengaruh pada peningkatan pemahaman anggota kelompok, meskipun peningkatan baru terjadi pada beberapa anggota kelompok.  Proses adopsi dan difusi di antara anggota kelompok mitra terhadap pengelolaan usaha kelompok dengan manajemen yang baik, serta pemasaran produk menggunakan media daring menimbulkan perubahan sikap bisnis kelompok ke arah yang lebih baik. Promosi produk melalui media daring diharapkan akan berdampak terhadap perluasan jangkauan pemasaran produk dan keuntungan usaha olahan ikan patin.
Ketersediaan ikan patin hasil sentra budidaya minapolitan Kabupaten Banjar cukup besar. Namun ikan masih dominan dipasarkan dalam kondisi segar dengan persaingan yang tinggi maka harga ikan patin cenderung berfluktuasi.  Karenanya perlu upaya pengolahan untuk meningkatkan nilai tambah. PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengolahan, pengemasan, dan labelisasi; promosi produk melalui media daring, serta penilaian kelayakan finansial usaha. Metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan terdiri dari (1) Sosialisasi dan diskusi, (2) Demonstrasi, (3) Pelatihan dan pendampingan, dan (4) Evaluasi.  Pelatihan dan pendampingan pengolahan, pengemasan dan labelisasi produk olahan ikan patin kepada kelompok mitra telah memberikan pengaruh pada peningkatan pemahaman anggota kelompok, meskipun peningkatan baru terjadi pada beberapa anggota kelompok.  Proses adopsi dan difusi di antara anggota kelompok mitra terhadap pengelolaan usaha kelompok dengan manajemen yang baik, serta pemasaran produk menggunakan media daring menimbulkan perubahan sikap bisnis kelompok ke arah yang lebih baik. Promosi produk melalui media daring diharapkan akan berdampak terhadap perluasan jangkauan pemasaran produk dan keuntungan usaha olahan ikan patin.
 
Publisher University of Islam Malang
 
Contributor
LPPM Universitas Lambung Mangkurat
 
Date 2021-12-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/11860
10.33474/jipemas.v5i1.11860
 
Source Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); 58-70
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS); 58-70
2621783X
2654282X
10.33474/jipemas.v5i1
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/11860/11677
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/11860/10856
 
Rights Copyright (c) 2022 Leila Ariyani Sofia, Rizmi Yunita
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0