Record Details

MENDADAK E-LEARNING : STUDI KUALITATIF MAHASASISWA PERGURUAN TINGGI SELAMA MASA PANDEMI COVI-19

Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MENDADAK E-LEARNING : STUDI KUALITATIF MAHASASISWA PERGURUAN TINGGI SELAMA MASA PANDEMI COVI-19
 
Creator Mazhabi, Zobi
Amirudin, Yoyok
 
Description AbstractPandemi Covid 19 membawa gangguan besar pada dunia pendidikan, memberikan tantangan baru bagi dunia pendidikan, dan membuat banyak stake holders lembaga pendidikan menjadi stressl. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap peralihan pembelajaran off line ke pembelajaran online pada masa pandemi Covid 19. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif melalui pelaksanaan wawancara prastruktur dengan melibatkan 35 mahasiswa yang tersebar di dua fakultas yang berbeda, enam jurusan yang berbeda, dan dipilih dari 245 mahasiswa. Wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data dan untuk mendapatkan batasan persepsi dan pengalaman langsung dari mahasiswa yang menjadi salah satu bagian dari elemen utama masalah ini. Itu juga dilakukan berdasarkan pedoman yang dirancang oleh peneliti dan data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis isi dalam bentuk analisis isi deskriptif, analisis isi inferensial, analisis isi pssikgometrik, analisis isi prediktif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran online selama pandemi Covid-19 memberikan kontribusi pengalaman positif dan pengalaman negatif kepada siswa baik dari segi unsur fisik, unsur psikologis, dan unsur kognitif. Temuan tersebut mengarah pada kesimpulan bahwa, dosen perlu melihat peluang, kelemahan, kekuatan, dan ancaman dari isu-isu yang bergeser ini untuk mendapatkan tindakan yang mungkin untuk pengembangan sistem pembelajaran online yang lebih baik.  AbstractThe Covid 19 pandemic brings significant distruption to education, carrying out new challenge for education, and making alot of educational institutions stake holders becoming stressfull. This study aimed at analyzing the college students perception on shifting off line learning to online learning during Covid 19 pandemic . This study was conducted qualitatively through the implemetation of pre-structure interview by involving 35 student who spread in two different kinds of faculties, six different majors, and selected from 245 college students. The Interview was conducted to gather the data and to gain boundaries of direct perception and experiences belong to college students who became one part of primary element to this issue. It also was conducted based on the guidelines designed by the researchers and the data gathered analyzed with content analysis method in term of descriptive content analysis, inferential content analysis, psychometric content analysis, predictive content analysis. The findings of this research showed that on-line learning during Covid-19 pandemic contributed both of positive experience and negative experience to the students in term of physical element, psychological element, and cognitive element. The finding lead to the conclusion that, the lectures need to pretend to the opportunities, weaknesses, strength, and threats of this shifting issues in order to obtain the possible action for better development of the on-line learning system.               
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-11-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view/13577
10.33474/thufuli.v3i2.13577
 
Source Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini; Vol 3, No 2 (2021): Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini; 15-26
Thufuli; Vol 3, No 2 (2021): Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini; 15-26
2685161X
10.33474/thufuli.v3i2
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view/13577/10739
 
Rights Copyright (c) 2021 Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini