IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ANNUR ASSALAFY TUMPANG PACARKELING KEJAYAN PASURUAN
Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini
View Archive InfoField | Value | |
Title |
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ANNUR ASSALAFY TUMPANG PACARKELING KEJAYAN PASURUAN
|
|
Creator |
Ismawati, Putri
Hanifah, Hanifah |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Implementasi pendekatan saintifik terhadap kemampuan kognitif sains anak usia 5-6 tahun di RA Annur Assalafy Tumpang Pacarkeling Kejayan Pasuruan. Dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan pemahaman 5M ( mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan) di harapkan proses pembelajaran di RA terutama dalam perkembangan kognitif sains bisa menarik perhatian anak sehingga minat anak dalam belajar sangat baik sehingga aspek perkembangan anak bisa tercapai sesuai yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mendiskripsikan pemahaman peneliti dalam melaksanakan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran terutama kognitif sains. Data tesebut di peroleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah (1) Pemahaman awal peneliti tentang pendekatan kognitif sains sudah cukup baik. (2) perencanaan pembelajaran dalam pendekatan saintifik dalam menyususn rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) dan media sudah mengacu dalam langkah-langkah yang sesuai karena peneliti sudah mendapatkan pelatian-pelatian di kampus sehingga dalam menyususn rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) peneliti sudah cukup baik. (3) Pelaksanaan pembelajaran kognitif sains dengan menggunakan pendekatan sintifik di kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup sudah cukup baik dengan pemahaman 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan). Pembelajaran berpusat pada anak. Anak lebih aktif dalam pembelajaran dibanding guru yang mengakibatkan keterampilan berfikir anak lebih tinggi.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-06-09
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view/6825
10.33474/thufuli.v2i1.6825 |
|
Source |
Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini; Vol 2, No 1 (2020): Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini; 1-13
Thufuli; Vol 2, No 1 (2020): Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini; 1-13 2685161X 10.33474/thufuli.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view/6825/5517
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
|