Record Details

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ANNUR ASSALAFY TUMPANG PACARKELING KEJAYAN PASURUAN

Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ANNUR ASSALAFY TUMPANG PACARKELING KEJAYAN PASURUAN
 
Creator Ismawati, Putri
Hanifah, Hanifah
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Implementasi pendekatan saintifik terhadap kemampuan kognitif sains anak usia 5-6 tahun di RA Annur Assalafy Tumpang Pacarkeling Kejayan Pasuruan. Dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan pemahaman 5M ( mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan) di harapkan proses pembelajaran di RA terutama dalam perkembangan kognitif sains bisa menarik perhatian anak sehingga minat anak dalam belajar sangat baik sehingga aspek perkembangan anak bisa tercapai sesuai yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mendiskripsikan pemahaman peneliti dalam melaksanakan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran terutama kognitif sains. Data tesebut di peroleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah (1) Pemahaman awal peneliti tentang pendekatan kognitif sains sudah cukup baik. (2) perencanaan pembelajaran dalam pendekatan saintifik dalam menyususn rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) dan media sudah mengacu dalam langkah-langkah yang sesuai karena peneliti sudah mendapatkan pelatian-pelatian di kampus sehingga dalam menyususn rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) peneliti sudah cukup baik. (3) Pelaksanaan pembelajaran kognitif sains dengan menggunakan pendekatan sintifik di kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup sudah cukup baik dengan pemahaman 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan). Pembelajaran berpusat pada anak. Anak lebih aktif dalam pembelajaran dibanding guru yang mengakibatkan keterampilan berfikir anak lebih tinggi.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-06-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view/6825
10.33474/thufuli.v2i1.6825
 
Source Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini; Vol 2, No 1 (2020): Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini; 1-13
Thufuli; Vol 2, No 1 (2020): Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini; 1-13
2685161X
10.33474/thufuli.v2i1
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view/6825/5517
 
Rights Copyright (c) 2020 Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini