STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG KONDUSIF DI SD/MI
Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG KONDUSIF DI SD/MI
|
|
Creator |
Gafur, Abd
Mustafida, Fita |
|
Description |
Pengelolaan kelas merupakan aspek pendidikan yang sering dijadikan perhatian utama oleh kebanyakan orang, terutama di lingkungan akademik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian Arends, bahwa manajemen kelas adalah salah satu tantangan terpenting yang dihadapi para guru pemula berdasarkan banyaknya data guru baru yang mengeluhkan kesulitan mereka dalam mengelola kelas. Dalam pandangan psikologi pendidikan, suasana kelas yang nyaman dan kondusif dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk berfokus dalam menyerap informasi, sehingga guru dapat mengajar lebih banyak dengan usaha yang sedikit.Kelas juga merupakan suatu kelompok sosial yang dinamis. Dinamika kelas pada dasarnya merupakan sebuah kondisi yang alami di dalamnya diliputi dorongan untuk aktif dan terarah yang dikembangkan melalui inisiatif guru untuk mengaktifkan dan mengembangkan potensi siswa sebagai pebelajar. Oleh karena itu, guru memiliki peran sentral untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki siswa dengan memfasilitasi dan mengakomodasi berbagai pendapat, gagasan, keterampilan, potensi dan energi yang dimiliki peserta didik sehingga menjadi aktivitas yang berguna
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-12-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/je/article/view/4991
10.33474/elementeris.v1i2.4991 |
|
Source |
Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam; Vol 1, No 2 (2019): Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam; 38-44
26556324 10.33474/elementeris.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/je/article/view/4991/5792
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam
|
|