Record Details

STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG KONDUSIF DI SD/MI

Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG KONDUSIF DI SD/MI
 
Creator Gafur, Abd
Mustafida, Fita
 
Description Pengelolaan kelas merupakan aspek pendidikan yang sering dijadikan perhatian utama oleh kebanyakan orang, terutama di lingkungan akademik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian  Arends, bahwa manajemen kelas adalah salah satu tantangan terpenting yang dihadapi para guru pemula berdasarkan banyaknya data guru baru yang mengeluhkan kesulitan mereka dalam mengelola kelas. Dalam pandangan psikologi pendidikan, suasana kelas yang nyaman dan kondusif dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk berfokus dalam menyerap informasi, sehingga guru dapat mengajar lebih banyak dengan usaha yang sedikit.Kelas juga merupakan suatu kelompok sosial yang dinamis. Dinamika kelas pada dasarnya merupakan sebuah kondisi yang alami di dalamnya diliputi dorongan untuk aktif dan terarah yang dikembangkan melalui inisiatif guru untuk mengaktifkan dan mengembangkan potensi siswa sebagai pebelajar. Oleh karena itu, guru memiliki peran sentral untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki siswa dengan memfasilitasi dan mengakomodasi berbagai pendapat, gagasan, keterampilan, potensi dan energi yang dimiliki peserta didik sehingga menjadi aktivitas yang berguna
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2019-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/je/article/view/4991
10.33474/elementeris.v1i2.4991
 
Source Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam; Vol 1, No 2 (2019): Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam; 38-44
26556324
10.33474/elementeris.v1i2
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/je/article/view/4991/5792
 
Rights Copyright (c) 2020 ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam