Record Details

Pengaruh Ketepatan Penghitungan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa di MI Miftahul Ulum Sooko Wringinanom Gresik

Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Ketepatan Penghitungan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa di MI Miftahul Ulum Sooko Wringinanom Gresik
 
Creator Afifah, Afifah
 
Description Education is an effort that must be done by everyone who wants success in his life, one of the things that can be done with educators, students, leaders of education units, and parents to support and determine the success of students is to make efforts to achieve the Minimum Completeness Criteria ( KKM) by maximizing the learning and assessment process. So researchers conducted research in MI Miftahul Ulum Sooko Wringinom Gresik with the title the effect of the accuracy of calculating the minimum completeness criteria (KKM) on student learning success, in this case the researchers used a quantitative approach and used the Kendall Tau correlation, where this correlation was used to look for relationships and test hypotheses between two or more variables. The research technique used in this study was observation, questionnaire, documentation. Based on the results of research conducted, the accuracy of the calculation of Minimum Completeness Criteria (KKM) is in the good category with a percentage of 84.4%, the results of student learning values are in the good category with the percentage results amounting to 83.3%, as for the effect of Accuracy in Completion Criteria At a minimum (KKM) on student learning success, there is a significant correlation in the coefficient interval of 0.60 - 0.799 which means it shows a strong relationship level. Keywords: minimum completeness criteria (KKM), learning success Abstrak Pendidikan adalah upaya yang harus dilakukan oleh setiap orang yang menginginkan keberhasilan dalam hidupnya, salah satu hal yang bisa dilakukan bersama pendidik, peserta didik, pimpinan satuan pendidikan, dan orang tua untuk mendukung dan menentukan keberhasilan peserta didik adalah dengan melakukan upaya pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan memaksimalkan proses pembelajaran dan penilaian. Maka peneliti melakukan penelitian di MI Miftahul Ulum Sooko Wringinanom Gresik dengan judul  pengaruh ketepatan penghitungan kriteria ketuntasan minimal (KKM) terhadap keberhasilan belajar siswa, dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan korelasi Kendall Tau, dimana korelasi ini digunakan untuk mencari hubungan dan menguji hipotesis antara dua variable atau lebih. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, kuesioner, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ketepatan perhitungan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)  berada pada kategori baik dengan prosentase yang berjumlah 84,4%, hasil nilai belajar siswa berada pada kategori baik dengan hasil prosentase berjumlah 83,3%, adapun pengaruh Ketepatan Perhitungan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)  terhadap keberhasilan belajar siswa, ada korelasi yang signifikan berada pada interval koefisien 0,60 – 0,799 yang berarti menunjukkan tingkat hubungan yang kuat. Kata Kunci: kriteria ketuntasan minimal (KKM), keberhasilan belajar
 
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-11-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/9084
10.33474/ja.v2i2.9084
 
Source Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 2 (2020): ANDRAGOGI; 63-74
ANDRAGOGI; Vol 2, No 2 (2020): ANDRAGOGI; 63-74
2655948X
10.33474/ja.v2i2
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/9084/7414
 
Rights Copyright (c) 2020 Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam