Record Details

IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI KONTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA YANG BERTANGGUNG JAWAB DI SMAN 8 MALANG

Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI KONTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA YANG BERTANGGUNG JAWAB DI SMAN 8 MALANG
 
Creator Ahbatul, Anisa Tri
Qonita, Farha
Mukaromah, Siti
Syamsiyah, Nurul Ita
 
Description The Covid 19 pandemic has forced all levels of education to switch from the conventional education system to online-based education. Unfortunately in the online learning process we found a lack of student responsibility towards attendance, learning attendance and learning activities during the online learning process. Therefore, learning strategies and methods need to be prepared to increase students' sense of responsibility. In this case we use a constructivist demonstrative method. The purpose of this research is to form the character of students who are independently responsible for their duties and roles as students. This research was conducted at SMAN 8 Malang. The results of this study indicate that the constructivist demonstrative method is suitable to be applied in increasing students' sense of responsibility independently.Keywords: education, demonstration method, constructivistAbstrakPandemi Covid 19 memaksa semua jenjang pendidikan beralih dari sistem pendidikan konvensional ke pendidikan berbasis online. Sayangnya dalam proses pembelajaran online kami menemukan kurangnya tanggung jawab siswa terhadap kehadiran, kehadiran belajar dan kegiatan belajar selama proses pembelajaran online. Oleh karena itu, strategi dan metode pembelajaran perlu disiapkan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa. Dalam hal ini kami menggunakan metode demonstratif konstruktivis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab secara mandiri terhadap tugas dan perannya sebagai siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstratif konstruktivis cocok diterapkan dalam meningkatkan rasa tanggung jawab siswa secara mandiri.Kata Kunci: pendidikan, metode demonstrasi, konstruktivistik
 
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-08-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/12845
10.33474/ja.v3i1.12845
 
Source Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 1 (2021): Andragogi : Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Filosofis; 59-66
ANDRAGOGI; Vol 3, No 1 (2021): Andragogi : Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Filosofis; 59-66
2655948X
10.33474/ja.v3i1
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/12845/10023
 
Rights Copyright (c) 2021 Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam