Record Details

PENERAPAN METODE PENUGASAN BERVARIATIF DAN UMPAN BALIK PADA MATERI MUNAKAHAT/ PERNIKAHAN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XII-TPM-A SMKN 2 SURAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI MASA COVID-19

Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN METODE PENUGASAN BERVARIATIF DAN UMPAN BALIK PADA MATERI MUNAKAHAT/ PERNIKAHAN DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XII-TPM-A SMKN 2 SURAKARTA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI MASA COVID-19
 
Creator Handayani, Sri
 
Description The Covid-19 pandemic demands that teachers be more creative and innovative in determining learning methods, especially in Islamic Religious Education subjects. Teaching religion with abstract nuances of material is not easy for students to grasp the teacher's explanation, especially on Munakahat material. As found in SMKN 2 Surakarta, this study aims to reveal the results of varied methods and feedback on the results of teacher creativity in increasing learning activeness during the pandemic. This research was conducted in class XII TPM-A Odd Semester material Munakahat. The research method used is Classroom Action Research with two cycles, where each cycle consists of planning, implementing actions, reflection and evaluation. Analysis of the data used through qualitative descriptive analysis based on the results of observations, interviews, and reflections in cycle I and cycle II. The results of this study indicate that the use of varied assignment learning methods and giving feedback can increase the learning activeness of PAI class XII TPM-A students during the Pandemic. Keywords: varied assignments, feedback, learning activeness Abstrak  Pandemi Covid-19 menuntut guru lebih kreatif dan inovatif dalam menentukan metode pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Mengajarkan agama dengan nuansa materi yang bersifat abstrak tidak mudah bagi siswa menangkap penjelasan guru, terutama pada materi Munakahat. Sebagaimana yang terdapat di SMKN 2 Surakarta, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hasil metode variatif dan umpan balik atas hasil kreatifitas guru dalam meningkatkan keaktifan belajar di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII TPM-A Semester Gasal materi Munakahat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi dan evaluasi. Analisis data yang digunakan melalui analisis deskritif kualitatif berdasarkan hasil observasi, wawancara,  dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran penugasan bervariatif dan pemberian umpan balik dapat meningkatkan keaktifan belajar PAI siswa kelas XII TPM-A di masa Pandemi.Kata Kunci: penugasan bervariatif, umpan balik, keaktifan belajar 
 
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-11-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/9155
10.33474/ja.v2i2.9155
 
Source Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 2 (2020): ANDRAGOGI; 48-62
ANDRAGOGI; Vol 2, No 2 (2020): ANDRAGOGI; 48-62
2655948X
10.33474/ja.v2i2
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/9155/7413
 
Rights Copyright (c) 2020 Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam