PERENCANAAN KURIKULUM PEMBELAJARAN DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) ASY- SYIFA DALAM MENUNJANG TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA CUMEDAK KECAMATAN SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER
Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERENCANAAN KURIKULUM PEMBELAJARAN DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) ASY- SYIFA DALAM MENUNJANG TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA CUMEDAK KECAMATAN SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER
|
|
Creator |
Anam, Nurul
Jannah, Murtasiyatul |
|
Description |
Curriculum planning is one of the components that have an important role in the education curriculum system, because the main component of the curriculum is not only about the implementation and evaluation of the curriculum, but the curriculum component also discusses about curriculum planning. Curriculum planning must be considered by educational institutions in order to run optimally. In TBM Asy-syifa Village Cumedak Kec. Sumberjambe Kab. Jember, curriculum planning is carried out to the maximum. From the research background, this research will describe about Curriculum Planning in TBM Asy-syifa Village Cumedak Kec. Sumberjambe Kab. Jember. The approach in this research is qualitative approach, with data analysis using Triangulation. To collect data using methods such as: observation method, interview method and documentation method, so that the data collected becomes valid, it is used the validity of situation triangulation data and source triangulation. The results showed that the planning of the learning curriculum in TBM Asy-syifa Village Cumedak Kec. Sumberjambe Kab. Jember starting from the basic curriculum planning, seeking information from the surrounding community, government guidelines on education outside the school. Keyword: Curriculum Planning, Community Reading Park Abstrak Perencanaan kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sisitem kurikulum pendidikan, sebab komponen utama kurikulum bukan hanya tentang pelaksanaan dan evaluasi kurikulum, akan tetapi komponen kurikulum juga membahas tentang perencanaan kurikulum. Perencanaan kurikulum harus diperhatikan oleh lembaga pendidikan agar pelaksanaannya berjalan dengan maksimal. Di TBM Asy-syifa Desa Cumedak Kec. Sumberjambe Kab. Jember, perencanaan kurikulum dilaksanakan secara maksimal. Dari latar penelitian maka penelitian ini akan mendiskripsikan tentang Perencanaan Kurikulum di TBM Asy-syifa Desa Cumedak Kec. Sumberjambe Kab. Jember. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan analisa data menggunakan Triangulasi. Untuk mengumpulkan data menggunakan metode yaitu: metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi, agar data yang dikumpulkan menjadi valid maka digunakan keabsahan data Triangulasi situasi dan Triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum pembelajaran di TBM Asy-syifa Desa Cumedak Kec. Sumberjambe Kab. Jember di mulai dari perencanaan kurikulum dasar, mencari informasi dari masyarakat sekitar, pedoman pemerintah tentang pendidikan luar sekolah.Kata Kunci: Perencanaan Kurikulum, Taman Bacaan Masyarakat
|
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
Lp3M IAI Al-Qodiri Jember
|
|
Date |
2020-11-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/8682
10.33474/ja.v2i2.8682 |
|
Source |
Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 2 (2020): ANDRAGOGI; 1-15
ANDRAGOGI; Vol 2, No 2 (2020): ANDRAGOGI; 1-15 2655948X 10.33474/ja.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/8682/7416
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
|
|