Record Details

PENGGUNAAN DESIGN INTRUKSIONAL MODEL ASSURE PADA MATERI PAI DI MI DARUL HIDAYAH TIRTOYUDO

Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGGUNAAN DESIGN INTRUKSIONAL MODEL ASSURE PADA MATERI PAI DI MI DARUL HIDAYAH TIRTOYUDO
 
Creator Inayatus Sofa, Ning Fina
 
Description AbstractIn determining the learning design teachers must pay attention to learning models that fit the needs of students, so they can help the learning process that is good, effective and efficient. This study aims to illustrate the use of instructional design model learning in PAI materials at MI Darul Hidayah Tirtoyudo, describe the obstacles faced by the use of convincing design learning models on PAI material, and describe solutions to overcome the obstacles encountered. The method used is a qualitative approach to the type of evaluation research, while data collection techniques use observation and interviews. The results of this study are: 1) the use of design learning models assure strongly supports the teaching and learning process and can motivate students to increase their potential, 2) the obstacle faced is the presence of some students who are lazy to learn so they need supervision additional to the teacher, there are delays ABK students in understanding the subject matter, 3) solutions to overcome obstacles namely, teachers can work together with psychologists in order to find out the cause of student laziness, so they can find solutions. While solutions for special needs students can be handled by teachers through a comprehensive learning approach.Keywords: Design, Instructional, Model Assure AbstrakDalam menentukan desain pembelajaran guru harus memperhatikan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga mereka dapat membantu proses pembelajaran yang baik, efektif dan efisien. Kajian ini bertujuan menggambarkan penggunaan pembelajaran desain model instruksional dalam bahan PAI di MI Darul hidayah Tirtoyudo, menggambarkan kendala yang dihadapi dengan penggunaan model pembelajaran desain yang meyakinkan pada materi PAI, serta menggambarkan solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif terhadap jenis penelitian evaluasi, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan dan wawancara. Hasil studi ini adalah: 1) penggunaan model pembelajaran assure sangat mendukung proses pengajaran dan pembelajaran dan dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan potensi mereka, 2) hambatan yang dihadapi adalah kehadiran beberapa siswa yang malas untuk belajar sehingga mereka membutuhkan pengawasan tambahan dari guru, ada penundaan siswa ABK dalam memahami materi pelajaran , 3) solusi untuk mengatasi rintangan yaitu, guru dapat bekerja sama dengan psikolog dalam rangka untuk mengetahui penyebab kemalasan siswa, sehingga mereka dapat menemukan solusi. Sementara solusi bagi siswa ABK dapat ditangani oleh guru melalui pendekatan pembelajaran yang komprehensif.Kata Kunci: Desain, Instruksional, Model Assure
 
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-05-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/6740
10.33474/ja.v2i1.6740
 
Source Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 1 (2020): ANDRAGOGI; 40-49
ANDRAGOGI; Vol 2, No 1 (2020): ANDRAGOGI; 40-49
2655948X
10.33474/ja.v2i1
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/6740/5485
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Andragogi