Record Details

MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI TPQ AL FITHRAH SURABAYA

Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI TPQ AL FITHRAH SURABAYA
 
Creator Waliden, Muhammad Nur Ridho
 
Description Curriculum development model is a model used to develop a curriculum, curriculum development is needed to improve or perfect a curriculum that is made to be developed by itself from the central government, local government or schools. During this covid-19 pandemic, the government issued a new regulation related to health which aims to prevent the spread of covid-19, the impact of the regulation on education is the closure of schools, and learning is done from home online. No exception at TPQ Al Fithrah Surabaya, learning the Koran which should be carried out in a mushofahah or face to face, but because it complies with government regulations so at TPQ Al Fithrah Surabaya learning is carried out online. The purpose of this study is that the author wants to know how the curriculum model is applied at TPQ Al Fithrah, as well as the author hopes that the results of this research can be a learning solution at TPQ Al Fithrah. The method used by the author is through interviews with the curriculum section at TPQ Al Fithrah Surabaya. Keywords: Curriculum model, Islamic education, Covid-19 pandemic Abstrak  Model pengembangan kurikulum adalah model yang digunakan untuk mengembangkan suatu kurikulum, pengembangan kurikulum dibutuhkan untuk memperbaiki atau menyempurnakan kurikulum yang dibuat untuk dikembangkan sendiri baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah ataupun sekolah. Dimasa pandemi covid-19 ini, pemerintah mengeluarkan peraturan baru terkait Kesehatan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran covid-19, dampak dari peraturan tersebut terhadap Pendidikan yaitu ditutupnya sekolah-sekolah, dan pembelajaran dilakukan dari rumah secara online. Tidak terkecuali di TPQ Al Fithrah Surabaya, pembelajaran mengaji yang seharusnya dilaksanakan secara mushofahah atau tatap muka, akan tetapi karena mematuhi peraturan pemerintah sehingga di TPQ Al Fithrah Surabaya pembelajarannya dilaksanakan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana model kurikulum yang diterapkan di TPQ Al Fithrah, sekaligus penulis berharap semoga hasil penelitihan ini bisa menjadi solusi pembelajajaran di TPQ Al Fithrah. Metode yang digunakan oleh penulis adalah melalui wawancara kepada bagian kurikulum di TPQ Al Fithrah Surabaya. Kata Kunci: Model kurikulum, Pendidikan Islam, Pandemi Covid-19
 
Publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-11-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/11488
10.33474/ja.v3i2.11488
 
Source Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2 (2021): Andragogi : Implementasi Pendidikan Agama Islam; 17-26
ANDRAGOGI; Vol 3, No 2 (2021): Andragogi : Implementasi Pendidikan Agama Islam; 17-26
2655948X
10.33474/ja.v3i2
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/ja/article/view/11488/10713
 
Rights Copyright (c) 2021 Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam