IMPLEMENTASI ANALISIS SWOT DALAM START UP FINTECH TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
IMPLEMENTASI ANALISIS SWOT DALAM START UP FINTECH TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN
|
|
Creator |
Ilham, M.
|
|
Description |
Implementasi Start Up Fintech dalam sistem pembayaran memberikan terobosan dalam layanan pembayaran yang lebih cepat, mudah, dan aman sehingga seluruh elemen masyarakat Indonesia dapat menikmati akses terhadap layanan tersebut. Berikut ini akan dibahas secara detail mengenai kajian terhadap kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats). Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun penelitian deskriptif kualitatif ditujukan untuk mengumpulkan informasi secara aktual dan terperinci, mengidentifikasi masalah, membuat perbandingan atau evaluasi, dan menentukan apa yang dilakukan orang lain dalam menghadapi masalah yang sama dan belajar dari pengalaman mereka untuk menetapkan rencana dan keputusan di waktu mendatang. Hasil penelitian ini menunjukkan Setelah melakukan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) terhadap implementasi start up fintech, maka dapat disimpulkan bahwa start up fintech tersebut memiliki tingkat efektivitas yang baik untuk meningkatkan kualitas layanan dan berdampak pada loyalitas konsumen untuk menggunakan start up fintech di Indonesia, sehingga pihak manajemen perbankan dapat mengimplementasikannya untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil).Kata Kunci: Start Up, Fintech, Analisis SWOT, loyalitasFintech's Start Up implementation in the payment system provides a breakthrough in payment services that are faster, easier, and safer so that all elements of Indonesian society can enjoy access to these services. The following will be discussed in detail regarding the study of Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats. The research method used in writing this article is descriptive qualitative. The descriptive qualitative research is aimed at gathering actual and detailed information, identifying problems, making comparisons or evaluations, and determining what other people are doing in facing the same problems and learning from their experiences to set plans and decisions in the future. The results of this study indicate that after analyzing the strengths, weaknesses, opportunities and threats (SWOT) of the implementation of fintech start-ups, it can be concluded that the fintech start-ups have a good level of effectiveness to improve service quality and have an impact on customer loyalty to use start-up. fintech in Indonesia, so that the banking management can implement it to reach all levels of Indonesian society, especially for people who live in the 3T regions (Frontier, Outermost, and Remote).Keywords: Start Up, Fintech, SWOT Analysis, loyalty
|
|
Publisher |
MAGISTER MANAJEMEN UNISMA
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-09-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/6934
10.33474/jimmu.v2i2.6934 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU); Vol 2, No 2 (2017): SEPTEMBER; 196-206
26216957 25416030 10.33474/manajemen.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/6934/5620
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
|
|