ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PUSKESMAS DAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PUSKESMAS DINOYO KOTA MALANG JAWA TIMUR
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PUSKESMAS DAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PUSKESMAS DINOYO KOTA MALANG JAWA TIMUR
|
|
Creator |
Suwartiningsih, Rully
|
|
Description |
AbstrakMasalah pelayanan sebenarnya bukanlah hal yang sulit atau rumit, tetapi apabila hal ini kurang diatasi maka dapat menimbulkan masalah serta peningkatan kinerja pegawai yang bagus merupakan kunci sukses untuk membangun keberhasilan Puskesmas dalam melayani pasien. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja pegawai, Puskesmas Dinoyo Kota Malang akan mampu mendapatkan profitabilitas yang diperoleh dari kepuasan pasien oleh sebab diharapkan mampu meningkatkan kualitasnya puskesmas. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menganalisis pengaruh pelayanan Puskesmas dan kinerja pegawai terhadap kepuasan pelanggan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang Jawa Timur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien atau pelanggan dari Puskesmas Dinoyo selama satu minggu pada bulan Nopember tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pengaruh Puskesmas dan kinerja pegawai terhadap kepuasan pelanggan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang Jawa Timur negatif dan tidak signifikan. Dalam penelitian ini juga mengindikasikan bahwa secara simultan pelayanan Puskesmas dan kinerja pegawai memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan Puskesmas.Kata kunci : pelayanan puskesmas, kinerja pegawai, kepuasan pelanggan Abstract The problem of service is not difficult and complicated, but if this matter is not be overcame so it can make some problems and a good employee performance is a key of success to build the success of Community Health Center on servicing the patient. To develop the quality of service and employee performance, Community Health Center Dinoyo Malang City will be able to get the profitability that obtained from the satisfaction customer, so for that reason it expected to develop the quality of Community Health Center.The objectives of this research is: to analyze the effect of the service of Community Health Center and the Employee Performance to Customer Satisfaction in Community Health Center Dinoyo Malang City East Java. Using of sample from this study is the patient of Community Health Center Dinoyo for a week on November at 2017. The result of this research shows that the service of Community Health Service and Employee Performance to Customer Satisfaction in Community Health Center in Dinoyo Malang City East Java is negative and not significant. In this research also indicates that the service of Community Health Center and Employee Performance have the effect to the satisfaction customer of Community Health Center simultaneously.Keyword : service of community health center, employee performance, satisfaction performance
|
|
Publisher |
MAGISTER MANAJEMEN UNISMA
|
|
Contributor |
MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM MALANG
|
|
Date |
2020-05-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/1577
10.33474/manajemen.v3i2.1577 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU); Vol 3, No 2 (2018): SEPTEMBER; 120-125
26216957 25416030 10.33474/manajemen.v3i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/1577/1558
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 JIMMU (Jurnal Ilmu Manajemen)
|
|