PERAN MEDIASI ORIENTASI KEWIRUSAHAAN PADA ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERAN MEDIASI ORIENTASI KEWIRUSAHAAN PADA ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN
|
|
Creator |
Yafi, Muhammad Ali
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah: untuk menguji Peran mediasi orientasi kewirausahaan pada orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Populasi penelitian ini adalah 200 UMKM toko elektronik yang ada di cyber mall mall . Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 67 orang. Alat analisis yang digunakan adalah Path Analysis, analisis ini menggunakan program SPSS versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara orientasi pasar terhadap orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap orientasi kewirausahaaan. Namun hasil penelitian juga menunjukan bahwa orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran tidak memiliki pengaruh signifikan, inovasi produk terhadap kinerja pemasaran tidak memiliki pengaruh signifikan, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran tidak memiliki pengaruh signifikan dan orientasi kewirausahaan tidak memediasi orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaranKata Kunci: UMKM , Kinerja pemasaran, Orientasi kewirausahaan, Inovasi produk, Orientasi pasar . The purpose of this study is: to test the role of mediation of entrepreneurial orientation on market orientation and product innovation on marketing performance. The population of this study was 200 UMKM of electronic stores in Cyber Mall. The sampling technique used in this study was purposive sampling. The number of samples used was 67 participant. Path Analysis was used to analyze the data using the SPSS Program version 19. The results showed that there was an influence between market orientation to entrepreneurial orientation and product innovation on entrepreneurial orientation. However, market orientation has no significant influence on marketing performance, product innovation has no signidicance influence on marketing performance, entrepreneurial orientation has no significant influence on marketing performance, and entrepreneurial orientation does not mediate market orientation and product innovation on marketing performance.Keywords: UMKM, marketing performance, entrepreneurial orientation, product innovation, market orientation
|
|
Publisher |
MAGISTER MANAJEMEN UNISMA
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-06-09
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/11136
10.33474/jimmu.v6i1.11136 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU); Vol 6, No 1 (2021): MARET; 79-93
26216957 25416030 10.33474/jimmu.v6i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/11136/8684
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
|
|