Record Details

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMEDIASI PERSEPSI, INFORMASI, DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA SECARA ONLINE PADA SHOPEE (Studi Pada Mahasantri UNISMA )

Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMEDIASI PERSEPSI, INFORMASI, DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA SECARA ONLINE PADA SHOPEE (Studi Pada Mahasantri UNISMA )
 
Creator Rozieqy, Ahmad
 
Description  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan media sosial dalam memediasi pengaruh persepsi, informasi, dan motivasi terhadap keputusan pembelian Mahasantri UNISMA secara online pada Shopee. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling yaitu teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) dan sobel test dengan menggunakan SPSS versi 19. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi dan informasi berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian Mahasantri UNISMA secara online, sedangkan motivasi tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian Mahasantri UNISMA secara online. Variabel persepsi dan informasi tidak berpengaruh terhadap penggunaan media sosial, sedangkan motivasi berpengaruh terhadap penggunaan media sosial. Adapun penggunaan media sosial tidak mampu memediasi pengaruh persepsi, informasi dan motivasi terhadap keputusan pembelian Mahasantri UNISMA secara online.Kata Kunci: Persepsi, Informasi, Motivasi, Penggunaan Media Sosial, Keputusan Pembelian, dan Mahasantri.  This study aims to know and analyze the effect of social media on Santri of UNISMA’s perception, information and motivation to use online shop at Shopee. The method used in sampling is non probability samplingnamety purposive sampling technique. The data analysis technique used is path analysis and multiple test using SPSS version 19.Based on the results, the finding shows that student’s perception and information affect the student’s decision to purchase by online shop, while student’s motivation does not affect the student’s decision to purchase by online shop. In addition, student’s perception and information do not affect the use of social media, while student’s motivation does. In the other words, the use of social media can not mediate the effect of student’s perception, information and motivation to make decision in purchasing by online shop. Keywords: Perception, Information, Motivation, Use of Social Media, Purchasing Decisions, and Santri of UNISMA
 
Publisher MAGISTER MANAJEMEN UNISMA
 
Contributor
 
Date 2020-09-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/8850
10.33474/jimmu.v5i2.8850
 
Source Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU); Vol 5, No 2 (2020): SEPTEMBER; 132-139
26216957
25416030
10.33474/jimmu.v5i2
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/8850/7281
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)