ANALISA STRATEGI CUSTOMER FOCUS UNTUK PENGUATAN USAHA PELAKU UMKM YANG TERGABUNG MENJADI ANGGOTA KOPERASI (Studi Pada Koperasi SAE-Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur)
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISA STRATEGI CUSTOMER FOCUS UNTUK PENGUATAN USAHA PELAKU UMKM YANG TERGABUNG MENJADI ANGGOTA KOPERASI (Studi Pada Koperasi SAE-Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur)
|
|
Creator |
Athia, Ita
Basalamah, Ridwan |
|
Description |
Dewasa ini merupakan masa perekonomian yang semakin berat untuk dihadapi dunia usaha. Sektor UMKM dengan berbagai kelemahan yang dimilikinya dihadapkan pada tantangan yang semakin kompleks pula. Keberadaan sektor UMKM akan lebih kuat jika diintegrasikan ke dalam usaha yang lebih besar. Koperasi merupakan badan usaha yang potensial melakukan penguatan dan pengintegrasian sektor UMKM. Oleh karena itu koperasi harus terus berbenah diri dalam meningkatkan kapasitasnya sebagai organisasi usaha yang berdaya saing tinggi. Sehingga bersama-sama pelaku UMKM menghimpun kekuatan melalui koperasi dan bersama-sama bisa memperkuat posisi dan daya saingnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan perspektif strategi yang bisa diterapkan koperasi untuk memusatkan pelayanan berkualitas yang diberikan pada anggotanya. Dengan fokus pada pelayanan terbaik yang diberikan pada anggota (customer focus), koperasi dapat memberikan manfaat kepada para anggotanya. Pemberian manfaat akan berdampak pada kepercayaan dan loyalitas yang diberikan anggota pada koperasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan dengan metode wawancara individu dan kelompok, observasi dan dokumentasi. Narasumber yang diambil sebanyak delapan orang, yaitu manajer, humas dan enam anggota koperasi SAE. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa pelaksanaan customer focus memberikan manfaat sebesar-besarnya pada anggota. Customer focus mengarahkan koperasi pada efisiensi yang berorientasi pada penguatan usaha anggota. Dengan strategi itu, koperasi dapat meraih dua tujuan sekaligus, yaitu memenuhi kepentingan dan tujuan ekonomi para anggotanya yang sekaligus digunakan untuk menunjang bisnis koperasi itu sendiri.Keywords: Koperasi, customer focus, penguatan UMKM Recently the economic period is getting harder to face by the bussiness sector. UMKM sector with various weaknesses it has faced with increasingly complex challenges. The existence of the UMKM sector will be stronger if integrated into larger businesses. Cooperatives are business entities that have the potential to strengthen and integrate the UMKM sector. Therefore, cooperatives must continue to improve themselves in increasing their capacity as highly competitive business organizations. So that together the UMKM actors gathered strength through cooperatives and together can strengthen their position and competitiveness. This study aims to provide a strategy perspective that can be applied by cooperatives to focus on the quality services provided to their members. With a focus on the best service provided to members (customer focus), the cooperative can provide benefits to its members. Providing benefits will have an impact on the trust and loyalty that members give to the cooperative. The study was conducted using qualitative methods, data was collected by individual and group interview methods, observation and documentation. Eight people were taken as interviewees , there are, managers, public relations and six members of the SAE cooperative. The results shown that the implementation of customer focus brought about maximum benefits to members. Customer focuses on directing cooperatives to efficiency that is oriented towards strengthening member businesses. With this strategy, cooperatives can achieve two goals at once, firstly to meet the economic interests and objectives of its members and second which are also used to support the cooperative business itself.Keywords: cooperative, customer focus, UMKM strengthening
|
|
Publisher |
MAGISTER MANAJEMEN UNISMA
|
|
Contributor |
MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM MALANG
|
|
Date |
2020-05-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/2632
10.33474/manajemen.v4i1.2632 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU); Vol 4, No 1 (2019): MARET; 1-11
26216957 25416030 10.33474/jimmu.v4i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/2632/2499
|
|