Record Details

PENGARUH INFORMASI PRODUK TERHADAP EFEKTIVITAS KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI EFEKTIVITAS DIGITAL MARKETING PADA PENGGUNA SHOPEE

Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH INFORMASI PRODUK TERHADAP EFEKTIVITAS KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI EFEKTIVITAS DIGITAL MARKETING PADA PENGGUNA SHOPEE
 
Creator Nazar, Muhammad Azmil
 
Description              Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh informasi produk  Shopee terhadap keputusan pembelian customer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu Informasi Produk (X), Digital Marketing  (Z), dan Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan kuesioner (angket) pada Mahasiswa Universitas Islam Malang tahun akademik 2019-2020 yang pernah menggunakan aplikasi Shopee.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 97 orang responden.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Informasi Produk (X) berpengaruh  positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Informasi Produk (X) berpengaruh  positif signifikan terhadap Digital Marketing (X).Digital marketing(X) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Informasi prosuk secara tidak langsung signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, melalui digital marketing, dengan kata lain digital marketingtidak signifikan dalam memediasi pengaruh informasi produk terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci:  Informasi Pembelian, Digital Marketing, Keputusan Pembelian             This study aims to determine the effect of Shopee product information on customer purchasing decisions. This study uses a descriptive type of research with a quantitative approach. There are three variables used in this research, namely Product Information (X), Digital Marketing (Z), and Purchase Decision (Y). This study uses a data collection method with a questionnaire (questionnaire) on students of the Islamic University of Malang in the 2019-2020 academic year who have used the Shopee application. The sample used in this study amounted to 97 respondents. The sampling technique used is purposive sampling. The data analysis used is descriptive analysis and inferential analysis. The results showed that the Product Information variable (X) had a significant positive effect on Purchase Decisions (Y). Product Information Variable (X) has a significant positive effect on Digital Marketing (X). Digital marketing (X) has a significant positive effect on purchasing decisions (Y). Product information indirectly significantly influences purchasing decisions, through digital marketing, in other words digital marketing is not significant in mediating the effect of product information on purchasing decisions.Keywords:  Purchase Information, Digital Marketing, Purchase Decision
 
Publisher MAGISTER MANAJEMEN UNISMA
 
Contributor
 
Date 2021-08-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/12462
10.33474/jimmu.v6i2.12462
 
Source Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU); Vol 6, No 2 (2021): SEPTEMBER; 205-217
26216957
25416030
10.33474/jimmu.v6i2
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/12462/10004
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)