EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI KAMPUS (SISFOKAMPUS) SEBAGAI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN DI UNIVERSITAS ISLAM MALANG
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI KAMPUS (SISFOKAMPUS) SEBAGAI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN DI UNIVERSITAS ISLAM MALANG
|
|
Creator |
Nabiilah, Dewi Muftin
|
|
Description |
AbstrakPenelitian ini didasarkan pada masalah pokok yaitu efektivitas Sisfokampus upaya peningkatan kinerja karyawan. Sistem Informasi Manajemen (SIM) terjadi di kampus adalah sistem pengelolaan akademik terpadu yang yang memiliki beberapa sub bagian tertentu saling terintegrasi dan terkait yang tujuannya agar mempermudah pekerjaan karyawan di Universitas Islam Malang. Beberapa masalah terkait efektivitas Sisfokampus yang selama ini terjadi antara lain yang berkaitan dengan kualitas sistem, kualitas informasi, penggunaan dan juga kepuasan pemakai. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas Sisfokampus yang ditentukan oleh faktor-faktor Sistem Informasi Manajemen (SIM) upaya peningkatan kinerja karyawan di Universitas Islam Malang.Obyek penelitian ini adalah karyawan Universitas Islam Malang yang pekerjaannya menggunakan Sisfokampus. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif melalui penggunaan Analisis Regresi Linier Berganda yang dimaksudkan untuk mengetahui besaran pengaruh variabel efektivitas SIM/Sisfokampus terhadap peningkatan kinerja karyawan secara simultan dan parsial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, efektivitas SIM/Sisfokampus (X) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan (Y). Sedangkan, secara parsial, efektivitas Sisfokampus yang terdiri dari empat faktor Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang meliputi: kualitas sistem (X1) berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja karyawan (Y) sebesar 7.49%, kualitas informasi (X2) berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja karyawan (Y) sebesar 3.19%, penggunaan (X3) berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja karyawan (Y) sebesar 1.38% dan kepuasan pemakai (X4) berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja karyawan (Y) sebesar 5.77%. Dari ke empat faktor Sistem Informasi Manajemen yang memberikan pengaruh dominan secara parsial terhadap peningkatan kinerja karyawan, yaitu faktor kualitas sistem (X1) berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja karyawan (Y) sebesar 7.49%.Selanjutnya penelitian ini dapat disimpulkan bahwa efektivitas Sistem Informasi Manajemen (SIM)/Sisfokampus berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja karyawan di Universitas Islam Malang. Bahwa secara menyeluruh efektivitas Sistem Informasi Manajemen (SIM)/Sisfokampus telah dilaksanakan dan dijalankan sesuai dengan ukuran kinerja karyawan. Kata kunci : Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Kepercayaan Merek, Keputusan Membeli Abstract This research is based on the main problem is the effectiveness of Sisfokampus efforts to improve employee performance. Management Information System (MIS) takes place on campus is an integrated academic management system which has several sub-sections that are integrated and related to the purpose to facilitate the work of employees at the Islamic University of Malang. Some problems related to the effectiveness of Sisfokampus which has been happening among others related to system quality, information quality, usage and also user satisfaction. The purpose of this study is to determine the effect of effectiveness of Sisfokampus which is determined by the factors of Management Information System (SIM) and also the constraints of the effort to improve employee performance in Islamic University of Malang. The object of this research is employees of Islamic University of Malang whose job is using Sisfokampus. This study uses quantitative analysis through the use of Multiple Linear Regression Analysis which is intended to know the magnitude of the effect of effectiveness of SIM / Sisfokampus variable to simultaneous and partial employee performance improvement. The results showed that simultaneously, the effectiveness of SIM / Sisfokampus (X) had significant effect to the improvement of employee performance (Y). Meanwhile, partially, the effectiveness of Sisfokampus consisting of four factors of Management Information System (SIM) which include: system quality (X1) has a positive effect on employee performance improvement (Y) of 7.49%, the quality of information (X2) has a positive effect on employee performance improvement (Y) equal to 3.19%, the use (X3) has a positive effect on employee performance improvement (Y) of 1.38% and user satisfaction (X4) has a positive effect on employee performance improvement (Y) of 5.77%. From the four factors of Management Information System which give partially dominant influence to the improvement of employee performance, that is system quality factor (X1) have positive effect to the improvement of employee performance (Y) equal to 7.49%. Furthermore, this research can be concluded that the effectiveness of Management Information System (MIS) / Sisfokampus have a positive effect on employee performance improvement in Islamic University of Malang. That the overall effectiveness of Management Information System (MIS) / Sisfokampus has been implemented and executed in accordance with the employee performance measure.Keyword : Effectiveness, Management Information System, employee performance
|
|
Publisher |
MAGISTER MANAJEMEN UNISMA
|
|
Contributor |
MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM MALANG
|
|
Date |
2020-05-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/1579
10.33474/jimmu.v3i2.1579 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU); Vol 3, No 2 (2018): SEPTEMBER; 140-147
26216957 25416030 10.33474/manajemen.v3i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/1579/1556
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 JIMMU (Jurnal Ilmu Manajemen)
|
|