Record Details

DAMPAK MEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS TERHADAP WORD OF MOUTH (Studi Pada Onlineshop NINA Fashion)

Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title DAMPAK MEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS TERHADAP WORD OF MOUTH (Studi Pada Onlineshop NINA Fashion)
 
Creator Kholifah, Nina
 
Description  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak mediasi kepuasan pelanggan pada pengaruh nilai utilitarian dan nilai hedonis terhadap word of mouth (Studi Pada Onlineshop NINA FASHION). Penelitian ini dilakukan pada pengguna facebook (akun Nina Fashion ) yang melakukan transaksi online (facebook commerce).Metode penelitian ini adalah merupakan penelitian sosial dengan paradigma kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah membeli produk Nina fashion dengan minimal satu kali transaksi pembelian atau lebih, yang berjumlah 350 orang, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 78 orang, dengan alat analisis yang digunakan adalah Structure Equation Model (SEM).             Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pengaruh variabel Nilai Utilitarian (X1), Nilai Hedonis (X2)  terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Z), berpengaruh  positif dan signifikan dengan nilai estimasi sebesar 20,4% dan 61,4%. Pengaruh variabel Nilai Utilitarian (X1), Nilai Hedonis (X2)  terhadap variabel Word of Mouth (Y) berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai estimasi sebesar 22,2% dan 38,2%. Pengaruh variabel Kepuasan Pelanggan (Z) terhadap variabel Word of Mouth (Y) berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai estimasi sebesar 36,1%. Pengaruh tidak langsung Nilai Utilitarian (X1)  terhadap variabel Word of Mouth (Y) melalui variabel Kepuasan Pelanggan (Z) tidak signifikan dan positif dengan nilai estimasi sebesar 7,4%. Pengaruh tidak langsung Nilai Hedonis (X2)  terhadap variabel Word of Mouth (Y) melalui variabel Kepuasan Pelanggan (Z) signifikan dan positif dengan nilai estimasi sebesar 22,2%.Kata Kunci: Online Shop, Utilitarian, Hedonis, Trust, WOM This research method is a social research with a quantitative paradigm. This type of research is explanatory (explanatory research). The population in this study were all consumers who had bought Nina fashion products with a minimum of one or more purchase transactions, totaling 350 people, and the sample used in this study were 78 people, with the analytical tool used was the Structure Equation Model (SEM) .The results of this study revealed that the influence of Utilitarian Value (X1), Hedonist (X2) variables on Customer Satisfaction (Z), had a positive and significant effect with estimated values of 20.4% and 61.4%. The influence of Utilitarian Value (X1), Hedonic Value (X2) variables on the Word of Mouth (Y) variable has a positive and significant effect with estimated values of 22.2% and 38.2%. The influence of the variable Customer Satisfaction (Z) on the variable Word of Mouth (Y) has a positive and significant effect with an estimated value of 36.1%. The indirect effect of Utilitarian Value (X1) on the variable Word of Mouth (Y) through the Customer Satisfaction variable (Z) is not significant and positive with an estimated value of 7.4%. The indirect effect of the Hedonic Value (X2) on the Word of Mouth (Y) variable through the Customer Satisfaction variable (Z) is significant and positive with an estimated value of 22.2%.Keywords: Online Shop, Utilitarian, Hedonis, Trust, WOM
 
Publisher MAGISTER MANAJEMEN UNISMA
 
Contributor
 
Date 2020-09-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/8849
10.33474/jimmu.v5i2.8849
 
Source Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU); Vol 5, No 2 (2020): SEPTEMBER; 122-131
26216957
25416030
10.33474/jimmu.v5i2
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/8849/7280
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)