DAMPAK MODERASI PROMOSI MEDSOS PADA PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN KULIAH
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
DAMPAK MODERASI PROMOSI MEDSOS PADA PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN KULIAH
|
|
Creator |
Tamim, Zairozie
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh customer relationship management dan brand trust terhadap keputusan kuliah program magister Pascasarjana UNISMA melalui moderasi promosi MEDSOS. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling yaitu teknik proporsional sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan proporsi yang rata sesuai populasi tertentu. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert, analisis jalur (Path Analysis) dan juga melalui uji t dengan menggunkanan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa CRM dan brand trust berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan kuliah di program magister Pascasarjana UNISMA. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat strategi CRM dan brand trust maka akan semakin tinggi tingkat keputusan kuliah. Sedangkan penggunaan promosi MEDSOS dapat menjadi mediator CRM, hal ini berarti semakin baik strategi CRM yang diterapkan dengan pemanfaatan media sosial maka semakin tinggi pula tingkat keputusan kuliah. Akan tetapi, promosi MEDSOS tidak bisa menjadi mediator pada brand trust terhadap keputusan, hal ini berarti bahwa promosi MEDSOS tidak berpengaruh pada kepercayaan untuk menentukan keputusan kuliah di program magister Pascasarjana UNISMA.Kata Kunci: Promosi MEDSOS, Customer Relationship Management, Brand Trust, Keputusan Kuliah. This research aims to find out and analyze the influence of customer relationship management and brand Trust on the decision of the graduate program of Master of UNISMA through promotion moderation MEDSOS. The method used in sampling is non probability sampling which is a proportional sampling technique which is a sample determination technique with a flat proportion according to the specific population. Analytical techniques used are quantitative descriptive by using Likert scale, Path analysis and also through Test T with the right SPSS program.Based on the results of data analysis shows that the CRM and brand trusts have a significant effect on the course decisions in the Masters program of UNISMA graduate. This means the higher the level of CRM strategy and brand trust the higher the level of college decision. While the use of MEDSOS promotion can be a mediator of CRM, this means the better CRM strategy applied with the utilization of social media, the higher the level of college decision. However, MEDSOS promotion can not be a mediator on the brand trust, this means that the promotion of MEDSOS has no effect on the trust to determine the decision of the lecture in the master program of UNISMA graduate.Keywords: MEDSOS Promotion, Customer Relationship Management, Brand Trust, Purchasing Decisions.
|
|
Publisher |
MAGISTER MANAJEMEN UNISMA
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-09-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/8901
10.33474/jimmu.v5i2.8901 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU); Vol 5, No 2 (2020): SEPTEMBER; 175-187
26216957 25416030 10.33474/jimmu.v5i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/8901/7285
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
|
|