Record Details

FAKTOR – FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KERIPIK APEL RAMAYANA (STUDI KASUS: UKM RAMAYANA AGRO MANDIRI, JAWA TIMUR)

JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title FAKTOR – FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KERIPIK APEL RAMAYANA (STUDI KASUS: UKM RAMAYANA AGRO MANDIRI, JAWA TIMUR)
 
Creator Rusnani, Rusnani
Susilowati, Dwi
 
Subject


 
Description ABSTRACTThe research objectives are: (1) To determine consumer decisions in buying Ramayana apple chips. (2) To find out what factors influence consumer decisions in buying Ramayana apple chips. The research was conducted at Brawijaya Palace for souvenirs, Istana Souvenirs from De Duwa Kota Batu, and in Goldia C Snack Malang, East Java, with the consideration that the souvenir center sells ramayana apple chips. Sampling using nonprobability sampling technique with accidental sampling of 50 respondents. The study was conducted in July 2020. Data analysis used descriptive analysis and logit model regression analysis. The results showed that (1) consumer decisions in buying ramayana apple chips at UKM Ramayana Agro Mandiri were from 50 respondents who became research samples, as many as 30 people or 60% decided to buy ramayana apple chips products. And those who do not buy as many as 20 people or 40%, the number of consumers who buy is higher than consumers who do not buy. (2) The socio-economic factors that influence consumer decisions in buying ramayana apple chips at Ramayana Agro Mandiri UKM are the factors of quality, gender and access to information, while income does not affect the consumer's decision to buy ramayana apple chips.Keywords: Social; economy; decisions; consumers; purchases, apple chips ABSTRAKTujuan penelitian adalah: (1)  Untuk mengetahui  keputusan konsumen dalam membeli keripik apel ramayana. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli keripik apel ramayana. Penelitian dilakukan di Brawijaya Istana oleh-oleh,  Istana Oleh-oleh De Duwa Kota Batu,  dan di Goldia Camilan Malang, Jawa Timur, dengan pertimbangan pusat oleh-oleh tersebut menjual produk keripik apel ramayana. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yakni dengan accidental sampling sebanyak 50 responden. Penelitian dilakukan pada bulan juli 2020. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi model logit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keputusan konsumen  dalam membeli keripik apel ramayana di UKM Ramayana Agro Mandiri  adalah  dari 50 responden yang menjadi s ampel  penilitian, sebanyak 30 orang atau 60% dengan memutuskan membeli produk keripik apel ramayana. Dan yang tidak membeli  sebanyak 20 orang atau 40% maka jumlah konsumen yang membeli lebih tinggi dibandingakan dengan konsumen  yang tidak membeli. (2) Faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli keripik apel ramayana di UKM Ramayana Agro Mandiri  adalah faktor kualitas, jenis kelamin dan akses informasi sedangakan pendapatan tidak berpengaruh  dengan keputusan konsumen dalam membeli  keripik apel ramayana.Kata Kunci: sosial; ekonomi; keputusan; konsumen; pembelian; kripik apel
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-02-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/10053
 
Source JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan); Vol 4, No 2 (2020): JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan); 1-6
JU-ke: Jurnal Ketahanan Pangan; Vol 4, No 2 (2020): JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan); 1-6
2654-2811
2598-9898
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/10053/7989
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan)