ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN PEMASARAN JERUK KEPROK (Study Kasus: Di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang)
JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN PEMASARAN JERUK KEPROK (Study Kasus: Di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang)
|
|
Creator |
H.Asmani, widyati
Hindarti, Sri |
|
Subject |
—
— — |
|
Description |
AbstrakCitrus plants are annual fruit plants originating from Asia. China is believed to be the place where oranges were first grown. The objectives of this study were (1) to determine the income of tangerine farming in Selorejo Village. (2) to determine the margin, share, and π / c of tangerine farming in Selorejo Village. (3) to determine the efficiency of the tangerine farmer marketing agency in Selorejo Village. This research was conducted in Dau District, Malang Regency in December 2020. The method used in this research is qualitative methods and quantitative methods. The data used in this study are primary data, namely data collected through direct interviews of40 tangerine farmers, secondary data are data that are considered relevant. Data analysis using the R / C ratio formula, and analysis of the efficiency of marketing institutions. The results of the R / C analysis Ratio of tangerine farming is 8.76, which means that every Rp 1 cost will result in revenue of 8.76 rupiah, a sign that this farming is feasible to continue. And the results of the price transmission elasticity analysis of (????˂1) means that the marketing of tangerines in Selorejo Village, Dau District, Malang Regency is said to be inefficient.Keywords: farming, efficient marketing institutions, Malang Regency AbstrakTanaman jeruk merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari Asia. Cina di percaya sebagai tempat pertama kali jeruk tumbuh. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pendapatan usahatani jeruk keprok di Desa Selorejo. (2) untuk mengetahui margin, share, dan π/cusahatani jeruk keprok di Desa Selorejo. (3) untuk mengetahui efisiensi pada lembaga pemasaran petani jeruk keprok di Desa Selorejo. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Dau Kabupaten Malang bulan Desember 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui wawancara langsung 40 petani jeruk keprok, data sekunder yaitu data yang dianggap relevan. Analisis data menggunakan rumus R/C Ratio, dan analisis efisiensi lembaga pemasaran. Hasil analisis R/C Ratio usahatani jeruk keprok sebesar 8,76 yang artinya setiap biaya Rp 1 akan menghasilkan penerimaan 8,76 rupiah, pertanda bahwa usahatani ini layak untuk di teruskan. Dan hasil analisis elastisitas transmisi harga sebesar (????˂1) artinya bahwa pemasaran jeruk keprok di Desa Selorejo dikatakan belum efisien.Kata kunci: usahatani, efisien lembaga pemasaran, Kabupaten Malang
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-08-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article — |
|
Format |
application/pdf
application/pdf application/pdf |
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/10350
|
|
Source |
JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan); Vol 5, No 1 (2021): JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan); 1-9
JU-ke: Jurnal Ketahanan Pangan; Vol 5, No 1 (2021): JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan); 1-9 2654-2811 2598-9898 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/10350/9782
http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/10350/9952 http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/10350/9953 http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/downloadSuppFile/10350/1247 |
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan)
|
|