Record Details

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN PEMASARAN JERUK KEPROK (Study Kasus: Di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang)

JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN PEMASARAN JERUK KEPROK (Study Kasus: Di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang)
 
Creator H.Asmani, widyati
Hindarti, Sri
 
Subject


 
Description AbstrakCitrus plants are annual fruit plants originating from Asia. China is believed to be the place where oranges were first grown. The objectives of this study were (1) to determine the income of tangerine farming in Selorejo Village. (2) to determine the margin, share, and π / c of tangerine farming in Selorejo Village. (3) to determine the efficiency of the tangerine farmer marketing agency in Selorejo Village. This research was conducted in Dau District, Malang Regency in December 2020. The method used in this research is qualitative methods and quantitative methods. The data used in this study are primary data, namely data collected through direct interviews of40 tangerine farmers, secondary data are data that are considered relevant. Data analysis using the R / C ratio formula, and analysis of the efficiency of marketing institutions. The results of the R / C analysis Ratio of tangerine farming is 8.76, which means that every Rp 1 cost will result in revenue of 8.76 rupiah, a sign that this farming is feasible to continue. And the results of the price transmission elasticity analysis of (????˂1) means that the marketing of tangerines in Selorejo Village, Dau District, Malang Regency is said to be inefficient.Keywords: farming, efficient marketing institutions, Malang Regency AbstrakTanaman jeruk merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari Asia. Cina di percaya sebagai tempat  pertama kali jeruk tumbuh. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pendapatan usahatani jeruk keprok di Desa Selorejo. (2) untuk mengetahui margin, share, dan π/cusahatani jeruk keprok di Desa Selorejo. (3) untuk mengetahui efisiensi pada lembaga pemasaran petani jeruk keprok di Desa Selorejo. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Dau Kabupaten Malang bulan Desember 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui wawancara langsung 40 petani jeruk keprok, data sekunder yaitu data yang dianggap relevan. Analisis data menggunakan rumus R/C Ratio, dan analisis efisiensi lembaga pemasaran. Hasil analisis R/C Ratio usahatani jeruk keprok sebesar 8,76 yang artinya setiap biaya Rp 1 akan menghasilkan penerimaan 8,76 rupiah, pertanda bahwa usahatani ini layak untuk di teruskan. Dan hasil analisis elastisitas transmisi harga sebesar (????˂1) artinya bahwa pemasaran jeruk keprok di Desa Selorejo dikatakan belum efisien.Kata kunci: usahatani, efisien lembaga pemasaran, Kabupaten Malang 
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-08-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
application/pdf
application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/10350
 
Source JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan); Vol 5, No 1 (2021): JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan); 1-9
JU-ke: Jurnal Ketahanan Pangan; Vol 5, No 1 (2021): JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan); 1-9
2654-2811
2598-9898
 
Language ind
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/10350/9782
http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/10350/9952
http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/10350/9953
http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/downloadSuppFile/10350/1247
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan)