Record Details

Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya

JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya
 
Creator Hidayah, Layli
 
Description Sejak mendeklarasikan sebagai Kota Literasi, Pemerintah Kota Surabaya terus menggenjot program gerakan literasi secara terstruktur di elemen masyarakat mulai dunia pendidkan hingga masyarakat awam di level rukun warga (RW). Salah satu kebijakan yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya adalah pemberlakuan kurikulum wajib baca (KWB) di sekolah dasar di seluruh wilayah Surabaya serta optimalisasi perpustakaan sebagai sarana sentral guna mendukung gerakan literasi sekolah (GLS). Studi kasus ini melibatkan pengelola sekolah sebagai pengampu kebijakan, pengelola perpustakaan, siswa, hingga masyarakat sekitar sebagai upaya mengaktualisasi implementasi gerakan literasi sekolah melalui optimalisasi perpustakaan di sekolah dasar. Hasil dari studi ini menjadi landasan pengelola sekolah dasar guna mengoptimalkan gerakan literasi sekolah dasar, khususnya dengan mengoptimalkan fungsi perpustakaan sekolah dan swadaya masyarakat.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2017-12-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/791
 
Source JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan); Vol 1, No 2 (2017): JU-Ke; 48 - 58
JU-ke: Jurnal Ketahanan Pangan; Vol 1, No 2 (2017): JU-Ke; 48 - 58
2654-2811
2598-9898
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/791/765
 
Rights Copyright (c) 2017 Jurnal Ketahanan Pangan