Penerapan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang
JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Business Model Canvas (BMC) Untuk Mendorong Mindset Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Malang
|
|
Creator |
Athia, Ita
Saraswati, Ety Normaladewi, Andi |
|
Description |
Pengangguran usia produktif merupakan tantangan besar bagi Indonesia dalam memasuki pasar bebas dan persaingan global. Penciptaan wirausaha muda adalah solusi yang bisa ditempuh untuk melipatgandakan pertumbuhan ekonomi. Indonesia menciptakan 700 ribu orang sarjana setiap tahunnya, tetapi masih banyak mahasiswa Indonesia yang kurang berminat berwirausaha. Ketidakpahaman berwirausaha menyebabkan para mahasiswa lebih banyak bermindset mencari pekerjaan daripada menciptakan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa akan pentingnya berwirausaha dan mendorong tumbuhnya jiwa kewirausahaan (entrepreneurial Mindset) pada mahasiswa dengan mengadakan pengenalan dan pendalaman Business Model canvas (BMC), sehingga mahasiswa lulusan Unisma Malang mampu menjalankan usaha dan nantinya mampu menjadi pencipta lapangan kerja (job creator).Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. BMC akan diperkenalkan pada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kewirausahaan lanjutan. Selama 3 bulan (seminggu 1x pertemuan), mahasiswa akan diajarkan materi BMC dan penerapannya. Kemudian akan diukur secara kuantitatif untuk mengetahui pengaruh penerapan BMC terhadap mindset kewirausahaan mahasiswa. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISMA , semester 6 yang telah mendapatkan mata kuliah kewirausahaan lanjutan, dimana mereka belum pernah mendapatkan pengenalan dan materi BMC sebelumnya. Sampel diambil berdasarkan simple random sampling sebanyak 88 orang mahasiswa. Analisis data yang dipakai adalah Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara significant BMC mempengaruhi mindset berwirausaha mahasiswa secara metode (cara menjalankan bisnis), elemen bisnis (mengetahui komponen-komponen yang diperlukan dalam bisnis), serta strategi (memanfaatkan peluang yang dimodifikasi untuk mengurangi resiko). Model visualisasi yang disajikan BMC memudahkan mahasiswa dalam memetakan bisnis, berinovasi dan berkreasi, berpikir simple, mengkolaborasikan seluruh elemen yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis, dan memanfaatkan peluang. BMC sangat efektif dipakai sebagai alat model bisnis yang memudahkan pemahaman mahasiswa dalam menjalankan usaha/bisnis, sehingga BMC perlu diperkenalkan dan dimasukkan dalam materi mata kuliah kewirausahaan di lingkungan Universitas Islam Malang untuk meningkatkan mindset kewirausahaan mahasiswa. Keywords: business model canvas (BMC), entrepreneurial mindset, business model
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-06-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/1051
|
|
Source |
JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan); Vol 2, No 1 (2018): JU-Ke; 66 - 75
JU-ke: Jurnal Ketahanan Pangan; Vol 2, No 1 (2018): JU-Ke; 66 - 75 2654-2811 2598-9898 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/1051/1086
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Jurnal Ketahanan Pangan
|
|