Record Details

PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEA’S) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEA’S) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA
 
Creator Atieka, Try Apriani
Budiana, Irma
 
Subject Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence, Model Eliciting Activities (MEA’s), Model Konvensional
 
Description The purpose of this research are knowing effect of Model Eliciting Activities (MEA’s) and Conventional Learning Models to problem solving abilities in mathematics and students self confidence.The research was conducted at SMP Negeri of Tangerang for academic year 2016/2017. Design of this research is post-test only experiment and control group design. The method that used on this research was quasi experiment. Experiment class was treated by MEA’s, while control class was treated by conventional model. Accessible population of this research was middle school students at SMP Negeri 9 of Tangerang in grade VII for academic year 2016/2017 based on normal distribution, homogeneous variance, and equality of means. The instruments consist problem solving abilities test, prior knowledge of matematics test and questionnaire of mathematics self confidence. The instruments have been valid and reliable. Analysis data used by Anova 2 way.The result show that: (1) The ability of mathematics problem solving of students who  are given MEA’s is higher than the students who are given conventional Learning Models. (2) There is an enhancement of mathematics problem solving of students effected by prior knowledge of mathematics and Mathematics Learning Models.(3) The ability of mathematics problem solving of students with high KAM  who  are given MEA’s is higher than the students who are given Conventional Learning Model. (4) There is no significant difference The ability of mathematics problem solving between students low KAM who given treatment by MEA’s and students who are given treatment by Conventional Learning Model. (5) Mathematics Self Confidence of students who are given treatment by MEA’s is higher than students who are given treatment by Conventional Learning Model     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Eliciting Activities (MEA’s) dan konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Tangerang tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian ini adalah post-test eksperimen dan kontrol grup desain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa MEA’s, sedangkan kelas kontrol secara konvensional. Populasi terjangkau penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 9 Kota Tangerang kelas VII tahun ajaran 2016/2017 yang berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang sama atau homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis, tes kemampuan awal matematika dan angket self confidence matematika. Instrumen tersebut telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan uji Anava dua jalur.      Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan MEA’s lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan model konvensional. (2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dipengaruhi oleh kemampuan awal matematika dan model pembelajaran (3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan MEA’s lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan model konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi. (4) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara siswa yang diberi perlakuan dengan MEA’s dan siswa yang diberi perlakuan model konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika rendah. (5) self confidence siswa dalam belajar matematika yang diberi perlakuan MEA’s lebih tinggi dibandingkan dengan self confidence siswa yang diberi perlakuan model konvensional.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor Try Apriani Atieka
Islamic Village Instution
Master University, Departement of Mathematics and Science
 
Date 2019-07-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/2956
10.33474/jpm.v5i2.2956
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 95-104
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/2956/2746
 
Rights Copyright (c) 2019 Try Apriani Atieka