Record Details

PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
 
Creator Setiyanik, Liyan
Junarti, Junarti
Utami, Anita Dewi
 
Subject gaya belajar, visual, auditori, kinestetik, aritmatika sosial
 
Description AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan  profil pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaiakan masalah aritmatika sosial yang ditinjau dari gaya belajar, dimana subyek terdiri 31 siswa dari kelas VII D SMP negeri 2 Jiken, yang diambil 6 siswa dengan rincian sebagai berikut yaitu 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar audiotorial, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian terdiri dari angket gaya belajar, tes pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil tersebut diperoleh diskripsi profil pemecahan masalah siswa pada masalah aritmatika sosial berdasarkan gaya belajar sebagai berikut: (1) siswa visual (SV) dapat memahami masalah dengan baik, merencanakan penyelesaian dengan tepat, melaksanakan rencana dengan benar dan memeriksa kembali jawaban yang telah dilakukan. (2) siswa audiotorial (SA)  memahami masalah dengan membaca keras, tidak melakukan tahap memeriksa kembali karena lebih suka berbicara. (3) siswa kinestetik (SK) tidak dapat merencanakan penyelesaian dengan baik sehingga hasil yang diperoleh kurang tepat. 
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2019-08-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/2983
10.33474/jpm.v6i1.2983
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 6-14
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/2983/4307
 
Rights Copyright (c) 2019 Liyan Setiyanik