STRUKTUR REPRESENTASI EKSTERNAL SISWA PADA TRANSISI PENGETAHUAN BAGUN RUANG KE BANGUN DATAR
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRUKTUR REPRESENTASI EKSTERNAL SISWA PADA TRANSISI PENGETAHUAN BAGUN RUANG KE BANGUN DATAR
|
|
Creator |
Syarifudin, Syarifudin
Fikriyah, Ummu |
|
Subject |
Struktur Representasi, Transisi, dan Bangun Ruang
|
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur representasi eksternal siswa tentang transisi pengetahuan mereka dari bangun ruang ke bangun datar. Penelitian ini dilakukan kepada 8 siswa SMP yang sudah menempuh materi bangun ruang. Data diperoleh dari hasil pekerjaan siswa tentang membuktikan soal luas permukaan tabung dan hasil wawancara mendalam. Data-data tersebut direduksi, diverifikasi dan dianalisa. Hasil penelaitian menunjukkan bahwa representasi eksternal siswa tentang transisi pengetahuan mereka memiliki tiga karakteristik. Pertama siswa membuktikan soal tersebut dengan jawaban persegi panjang dan dua lingkaran, kedua dengan jawaban jajar genjang dan dua lingkaran, dan ketiga ada jawaban dua persegi panjang didapat dari satu persegi panjang utuh dan 4 setengah lingkaran bagian dari tutup dan alas tabung.Kata Kunci : Struktur Representasi, Transisi, dan Bangun Ruang
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-03-16
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/198
10.33474/jpm.v2i2.198 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 172-182
2656-4564 2442-4668 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/198/242
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika
|
|