Record Details

PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI DIGITAL UNTUK MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA SD PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI DIGITAL UNTUK MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA SD PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH
 
Creator Widiyanti, Ria
Ulfa, Farida
 
Subject minat, monopoli digital, sekolah dasar, operasi bilangan cacah.
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan permainan monopoli digital untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah kelas IIIA SD Islam Sabilillah  Malang tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SD Islam Sabilillah Malang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: (1) observasi, (2) catatan lapangan, (3) wawancara, dan (4) tes. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa data observasi, hasil wawancara dan hasil catatan lapangan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan monopoli digital dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas III A di SD Islam Sabilillah Malang. Hal tersebut dapat dilihat dari data penelitian yang menunjukkan bahwa Skor rata-rata angket minat belajar matematika siswa sebelum diberi tindakan hanya sebesar 30,39 dan presentase siswa yang telah mencapai skor minat sedang hanya sebesar 38%, setelah dikenai tindakan pada siklus 2 skor rata-rata angket meningkat menjadi 40,13 dengan presentase 81%, sehingga peningkatannya sebesar 43%; (2) persentase hasil pengamatan aktivitas guru sebesar 77,2% pada siklus I meningkat menjadi 82% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 4,8%; (3) persentase hasil pengamatan aktivitas siswa sebesar 78,8% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 11,2%; (4) Rata-rata nilai tes akhir  sebesar 75,16 pada siklus 1 meningkat menjadi 87 pada siklus 2 dan presentase ketuntasan siswa sebesar 55% pada siklus 1 meningkat menjadi 87% pada siklus 2. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah untuk mengembangkan multimedia monopoli digital ini agar lebih interaktif atau skenario permainan yang lebih menarik.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2019-07-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/2919
10.33474/jpm.v5i2.2919
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 79-86
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/2919/2741
 
Rights Copyright (c) 2019 Ria Widiyanti, Farida Ulfa