Record Details

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN BANTUAN MEDIA INDEX CARD MATCH

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN BANTUAN MEDIA INDEX CARD MATCH
 
Creator Husna, Nurul
 
Subject model pembelajaran Advance Organizer, media Index Card Match, kemampuan berpikir logis
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan berpikir logis peserta didik melalui model pembelajaran Advance Organizer dengan bantuan media Index Card Match kelas VIIC MTs. Sunan Ampel Siman materi belah ketupat dan layang-layang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data terdiri dari: tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada proses peningkatan kemampuan berpikir logis peserta didik melalui model pembelajaran Advance Organizer dengan media Index Card Match kelas VIIC MTs. Sunan Ampel Siman materi belah ketupat dan layang-layang tahun pelajaran 2016/2017. Deskripsi peningkatannya adalah (1) ketuntasan pada tes akhir siklus I sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 73,67. Sedangkan pada siklus II mencapai 77,78% dengan nilai rata-rata 78,52; (2) hasil observasi kesesuaian kegiatan guru dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I mencapai 85,95% sedangkan pada siklus II  mengalami peningkatan menjadi 87,62%; (3) hasil observasi kesesuaian aktivitas siswa dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I mencapai 80,95% sedangkan pada siklus II menjadi 87,38%; (4) hasil persentase wawancara dari 6 peserta didik pada siklus I mencapai 66,67%  yaitu 4 dari 6 peserta didik menyatakan senang dan pada siklus II menjadi 83,33% yaitu 5 dari 6 peserta didik menyatakan senang dengan penerapan model pembelajaran Advance Organizer dengan media Index Card Match.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2019-03-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/2623
10.33474/jpm.v4i2.2623
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 117-123
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/2623/2485