Record Details

Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Jepang dan di Indonesia

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Jepang dan di Indonesia
 
Creator Hamidah, Hamidah
Junaedi, Iwan
Mulyono, Mulyono
Kusuma, Jaka Wijaya
 
Subject Kurikulum, Pembelajaran Matematika, Indonesia, Jepang
 
Description Perubahan sistem pendidikan menyesuaikan perkembangan zaman yang terjadi, baik itu di Indonesia maupun di Jepang. Perubahan terus dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan serta menstimulus jiwa kreatif guru-guru dalam menerapkan pembelajarannya di kelas kepada siswa. Salah satu syarat wajib pada pendidikan disuatu lembaga pendidikan adalah kurikulum. Kurikulum adalah suatu bagian penting dalam pendidikan dan pengajaran. Adapun beberapa komponen kurikulum yang saling memiliki kaitan antara tujuan pembelajaran, materi, teknik, dan evaluasi, serta merupakan landasan utama sebagai usaha mengembangkan proses pembelajaran pada lembaga pendidikan. Namun ironisnya, negara Indonesia masih berada diposisi yang jauh tertinggal dilihat dari hasil TIMS dan PISA. Negara Jepang ditinjau dari kualitasnya yaitu proses ataupun hasil lebih baik dari negara Indonesia, sehingga dalam proses pengembangan dan perbaikan kurikulum matematika di Indonesia hendaknya berkaca dengan negara Jepang. Secara umum proses belajar matematika di Indonesia bersifat abstrak dan hafalan serta menekankan pembelajaran matematika pada tercapainya kompetensi siswa dan berorientasi pada hasil belajar. Sedangkan, kurikulum di Jepang menekankan kapada pemecahan masalah serta tercapainya kemampuan berpikir logis siswa. Kurikulum negara Jepang tidak memberi target kepada siswanya untuk menguasai semua materi yang ditetapkan, namun memberi target terhadap kedalaman dari proses pembelajarannya.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/11425
10.33474/jpm.v7i2.11425
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 95-105
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/11425/10410
 
Rights Copyright (c) 2021 Hamidah Hamidah, Iwan Junaedi, Mulyono Mulyono