Record Details

PENGARUH PEMBENTUKAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH PEMBENTUKAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK
 
Creator Aprilia, Eka Rachma Putri
Kristanti, Febriana
Shoffa, Shoffan
 
Subject self concept; kemampuan komunikasi matematika; pendekatan saintifik.
 
Description Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya pada tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner self concept dan tes kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembentukan Self Concept Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Dalam Pendekatan Saintifik Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya yang berjumlah 30 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self concept dan tes kemampuan komunikasi matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t yang diperoleh  yaitu 7,648 > 2,048 dan nilai sig. 0,00 < 0,050 yang artinya hipotesis  ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan pembentukan self concept terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik dalam pendekatan saintifik dengan hasil determinasi sebesar 54,9 %. 
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-08-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/6405
10.33474/jpm.v6i2.6405
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 98-105
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/6405/7181