PENGEMBANGAN TES ONLINE MENGGUNAKAN THATQUIZ PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGEMBANGAN TES ONLINE MENGGUNAKAN THATQUIZ PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA
|
|
Creator |
Alifiani, Alifiani
Jiwandono, Nahnu Robid Nursit, Isbadar |
|
Subject |
Tes Online, ThatQuiz, Matematika
|
|
Description |
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP dan SMA tahun 2016 di Indonesia adalah langkah awal Pendidikan kita menuju Digitalisasi Teknologi dan Informasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Damapaknya seorang guru benar-benar dituntut profesionalismenya untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang Teknologi untuk mengikuti arus perkembangan teknologi, khusunya dalam menyelenggarakan tes berbasis komputer baik offline maupun online. Tidak semua guru mampu mengembangkan test berbasis komputer untuk digunakan dalam tes atau ujian yang dibuatnya. Test online dipilih karena mampu secara cepat melakukan penilaian dan sekaligus menampilkan nilai perolehan. Sehingga guru lebih cepat mengetahui kemampuan siswa dan segera melakukan perbaikan bagi yang belum berhasil dan memberi penghargaan bagi yang berhasil. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam bidang TIK untuk melaksanakan evaluasi dan penilaian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Dick dan Carry (1996) yang terdiri dari 4 tahap yang dikenal dengan model 4D. Hasil Penelitian adalah produk test online yang valid dan teruji yang dapat di gunakan guru dalam melakukan penilaian terhadap siswa.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-10-20
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/647
10.33474/jpm.v3i2.647 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 09-21
2656-4564 2442-4668 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/647/707
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika
|
|