Record Details

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-CONCEPT SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI GARIS KELAS VII SMP NEGERI 1 DAU MALANG

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-CONCEPT SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI GARIS KELAS VII SMP NEGERI 1 DAU MALANG
 
Creator Hasanah, Nur
 
Subject kemampuan representasi matematis, model pembelajaran learning cycle 7E, self-concept, garis.
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki self-concept positif dan negatif yang diajar dengan model learning cycle 7E. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kombinasi. Penelitian dilakukan malalui dua tahap penelitian, tahap pertama dengan metode kuantitatif dan tahap kedua dengan metode kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data kuantitatif menggunakan teknik tes dan kuesioner dengan instrumen tes uraian kemampuan representasi matematis dan angket self-concept. Teknik pengumpulan data kualitatif menggunakan observasi dan wawancara. Hasil uji t dua pihak pada data kemampuan representasi matematis siswa dengan self-concept positif dan negatif berturut diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,009 danĀ  Sig. (2-tailed) = 0,06 lebih besar dari 0,05 sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan kemampuan reprsentasi matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk siswa dengan self-concept positif dan negatif. Hasil analisis data kualitatif diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan self-concept positif dan negatif kelas eksperimen termasuk dalam kategori cukup baik. Kemampuan representasi matematis siswa dengan self-concept positif kelas kontrol termasuk dalam kategori baik. Kemampuan representasi matematis siswa dengan self-concept negatif kelas kontrol termasuk dalam kategori kurang baik. Hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan kemampuan representasi matematis yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol baik siswa yang memiliki self-concept positif maupun negatif.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2019-03-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/2622
10.33474/jpm.v4i2.2622
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 102-116
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/2622/2484