BERPIKIR ANALITIK MAHASISWA DALAM MENGONSTRUKSI BUKTI SECARA SINTAKSIS
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
BERPIKIR ANALITIK MAHASISWA DALAM MENGONSTRUKSI BUKTI SECARA SINTAKSIS
|
|
Creator |
Darmawan, Puguh
|
|
Subject |
Berpikir Analitik, Bukti, Sintaksis.
|
|
Description |
Fenomena menunjukan kegagalan mahasiswa dalam mengonstruksi bukti secara sintaksis dikarenakan mahasiswa tidak berpikir analitik. Kemampuan mahasiswa dalam mengonstruksi bukti sangat menentukan keberhasilannya mempelajari matematika tingkat lanjut, sehingga penelitian untuk mengungkap fenomena ini penting dilakukan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan berpikir analitik mahasiswa dalam mengonstruksi bukti secara sintaksis. Untuk mengetahui berpikir analitik mahasiswa, peneliti memberikan masalah pembuktian kepada sekelompok mahasiswa yang telah menempuh Geometri. Dilihat dari keanalitikan jawaban mahasiswa, peneliti menemukan tiga kategori berpikir, yaitu; (1) analitik, (2) semi analitik, dan (3) pre analitik. Berpikir analitik ditandai oleh adanya konstruksi bukti yang jelas, kejelasan algoritma, keruntutuan penalaran, penggunaan simbol secara tepat, setiap pernyataan dilandasi oleh alasan yang tepat dan langkah yang efektif. Berpikir semi analitik ditandai oleh adanya “elemen pengganggu” pemutus rantai implikasi. Berpikir pre analitik ditandai oleh penggunaan gambar sebagai bukti.Kata Kunci : Berpikir Analitik, Bukti, Sintaksis.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-03-16
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/196
10.33474/jpm.v2i2.196 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 154-165
2656-4564 2442-4668 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/196/238
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika
|
|