Record Details

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI DAN PENGUKURAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI DAN PENGUKURAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
 
Creator Sunismi, Sunismi
 
Subject Bahan Ajar, Geometri dan Pengukuran, Realistic Mathematics Education (RME)
 
Description Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar geometri dan pengukuran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa SMP Kelas VIII. Hasil penelitian pengembangan diperoleh produk cetak, yaitu buku siswa materi geometri dan pengukuran berbasis RME dan buku panduan guru. Berdasarkan uji lapangan diperoleh hasil bahwa buku cetak efektif digunakan dalam pembelajaran matematika khusus materi geometri dan pengukuran untuk siswa SMP kelas VIII. Hasil temuan penelitian adalah: 1) materi dengan RME dapat diimplementasikan dengan pertanyaan-pertanyaan konseptual untuk membangkitkan aktivitas metakognisi, berpikir kritis, kreatif, dan berpikir tingkat tinggi dengan bimbingan guru; 2) materi RME dapat diimplementasikan dalam teks ajar sebagai media yang mudah dipahami, pemberian masalah yang bermanfaat dan berkaitan dengan dunia nyata, sehingga dapat membantu siswa memecahkan masalah belajar, dan penyedia informasi yang bermanfaat untuk memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan di dunia nyata; 3) peran guru dalam proses pembelajaran dengan materi RME sebagai fasilitator dan motivator bagi siswa.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2015-02-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/404
10.33474/jpm.v1i1.404
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 1-14
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/404/441
 
Rights Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika