KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL BRAIN-BASED LEARNING
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL BRAIN-BASED LEARNING
|
|
Creator |
Ulfa, Firmanila Kurnia
|
|
Subject |
kemampuan koneksi matematis, berpikir kritis-matematis, brain-based learning
|
|
Description |
AbstrakDi era revolusi industri 4.0 ini, kemajuan IPTEK dan tatanan dunia terjadi secara global, disruptif, dan sangat kompetitif. Untuk menghadapi hal itu, perlu disiapkan generasi yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai alat untuk bertindak dan mengambil keputusan yang tepat dalam berbagai situasi di masa depan. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran wajib di sekolah dinilai memegang peran penting dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk bepikir kritis, sistematis, logis, kreatif, dan berkolaborasi secara efektif. Sikap dan cara berpikir seperti ini dapat dikembangkan melalui pembelajaran matematika, karena matematika merupakan ilmu yang memiliki struktur dan keterkaitan yang kuat dan jelas antarkonsepnya sehingga memungkinkan siapapun yang mempelajarinya terampil dalam berpikir secara rasional. Oleh karena itu, mengembangkan kemampuan koneksi matematis dan berpikir kritis-matematis dalam pembelajaran matematika sangatlah penting. Metode brain-based learning (BbL) adalah salah satu model pembelajaran yang menawarkan suatu konsep pembelajaran yang diselaraskan dengan cara kerja otak dan didesain secara alamiah untuk belajar, sehingga dapat diterapkan untuk menstimulasi kemampuan koneksi matematis dan berpikir kritis siswa. Artikel ini memaparkan bagaimana model BbL menstimulasi kemampuan koneksi dan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika yang bermuara pada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Metode penulisan yang digunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-08-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/5537
10.33474/jpm.v6i2.5537 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 106-116
2656-4564 2442-4668 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/5537/7182
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Firmanila Kurnia Ulfa
|
|