Record Details

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN PROGRAM KOMPUTER-EXEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN TURUNAN FUNGSI KELAS XI IPA SMA AL-ULUM MEDAN

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN PROGRAM KOMPUTER-EXEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN TURUNAN FUNGSI KELAS XI IPA SMA AL-ULUM MEDAN
 
Creator Agusman, Agusman
 
Subject Hasil belajar; turunan fungsi; model pembelajaran; model penemuan terbimbing; komputer program excel
 
Description Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan turunan fungsi tentang menggambar grafik fungsi, berdasarkan hasil ulangan harian menunjukkan bahwa hanya 4 orang dari 32 orang siswa yang berhasil menggambar grafik fungsi dengan benar atau hanya 12,5% siswa yang mencapai ketuntasan minimal pembelajaran. Hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan guru mengidentifikasikan bahwa masalah rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi, kurangnya pemanfaatan media, pembelajaran hanya terpusat kepada siswa dan metode yang digunakan guru terlalu monoton. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan keefektifan belajar sisiwa siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar matematika pada pokok bahasan turunan fungsi tentang menggambar grafik fungsi melalui model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan komputer-excel di kelas XI IPA SMA Al-Ulum Medan. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Al-Ulum Medan yang berjumlah  32 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Kegiatan pada setiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah tes tertulis bentuk essay. Hasil belajar matematika siswa ditunjukan dengan presentase ketuntasan kelas pada siklus I mencapai 56,25 % dan pada siklus II mencapai 71,88%. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada pada pokok bahasan turunan fungsi melalui model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan komputer-excel di kelas XI IPA SMA Al-Ulum Medan meningkat.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor -
 
Date 2017-10-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/614
10.33474/jpm.v3i2.614
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 01-08
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/614/705