Record Details

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATAKULIAH KALKULUS

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATAKULIAH KALKULUS
 
Creator Putri Rosyadi, Alfiani Athma
 
Subject Modul, Penemuan Terbimbing, Kalkulus
 
Description Kalkulus Peubah Banyak merupakan salah satu bagian dari kalkulus yang di dalamnya terdapat pengkaitan antara matakuliah Kalkulus Diferensial dan Kalkulus Integral yang sudah diperoleh oleh mahasiswa pada semester sebelumnya. 80% mahasiswa tidak bisa menjawab definisi dari turunan dan integral saat dosen membahas pengetahuan prasyarat tersebut. Modul merupakan salah satu alternatif yang dapat ditawarkan untuk mahasiswa karena pembelajarannya bersifat individual. Hal ini diharapkan mahasiswa yang berkemampuan tinggi dan rendah dapat berkolaborasi dengan baik. Penemuan terbimbing yang dapat mengaktifkan mahasiswa dengan langkah-langkah yang sistematis dapat dikolaborasikan dengan modul pembelajaran. Proses pengembangan modul terdiri dari empat tahap.  Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate).  Pada tahap Pendefinisian dilakukan analisis pendahuluan yang di dalamnya terdapat pengkajian kurikulum dan materi. Pada tahap perancangan dilakukan dengan menyusun modul sesuai dengan kriteria yang ada pada pendekatan penemuan terbimbing. Selanjutnya pada tahap pengembangan dilakukan validasi oleh tim ahli media dan materi yang dalam hal ini mendapatkan kriteria valid. Pada tahap akhir yaitu tahap penyebaran yang terdapat proses uji coba kepada kelompok kecil dengan hasil valid.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2016-02-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/201
10.33474/jpm.v2i1.201
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 11-15
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/201/249
 
Rights Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika