PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA
|
|
Creator |
Chaerunisa, Ardhanty
|
|
Subject |
pengembangan, e-module, strategi, ctl, statistika
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module berbasis multimedia interaktif dengan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan statistika untuk kelas X SMA. Pengembangan e-module ini menggunakan model pengembangan Four-D. Model tersebut terdiri dari 4 tahap yaitu, Define, Design, Develop, dan Disseminate. E-module ini divalidasi oleh tiga validator yang meliputi satu ahli pengembang bahan ajar, satu ahli materi, dan satu praktisi guru matematika SMA. Setelah e-module dinyatakan valid, kemudian diujicobakan kepada siswa. Subjek uji coba pengembangan e-module ini merupakan subjek uji coba dalam kelompok kecil yang terdiri dari 12 siswa kelas X di MAN 1 Malang. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kelayakan e-module untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli dan praktisi, secara keseluruhan e-module yang dikembangkan dinyatakan valid dengan hasil rata-rata penilaian sebesar 3,45 dan telah memenuhi kriteria kevalidan yang ditetapkan. Sedangkan pada uji coba user, e-module dinyatakan valid dengan diperoleh rata-rata hasil penilaian sebesar 3,72. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-module telah memenuhi kriteria layak digunakan dalam proses pembelajaran.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-03-04
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/2602
10.33474/jpm.v3i1.2602 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 16-21
2656-4564 2442-4668 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/2602/2464
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 JPM : Jurnal Pendidikan Matematika
|
|