Record Details

TAHAP DEFINE DAN DESIGN PADA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PEMECAHAN MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TAHAP DEFINE DAN DESIGN PADA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PEMECAHAN MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA
 
Creator Basir, Mochamad Abdul
Maharani, Hevy Risqi
 
Subject Define. Design, Geogebra, Pemecahan masalah SSCS
 
Description Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berbasis pemecahan masalah search, solve, create and share (SSCS) berbantuan geogebra sebagai upaya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada tahap define dan design dari model pengembangan Thiagarajan four-D. Objek penelitian adalah guru matematika, siswa kelas X dan sumber belajar yang digunakan pada pembelajaran matematika di SMA Negeri 6 Semarang. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa permasalahan dalam proses pembelajaran adalah sumber belajar. pada tahap define diperoleh hasil bahwa kendala yang dihadapi guru dan siswa adalah kurangnya sumber belajar yang memfasilitasi siswa dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi, dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Pada tahap design diperoleh desain awal bahan ajar berbasis pemecahan masalah SSCS berbantuan geogebra. Kegiatan pemecahan masalah yang terdapat pada bahan ajar terdiri atas empat tahap diantaranya search (menyelidiki masalah), solve (merencanakan pemecahan masalah), create (mengkonstruksi pemecahan masalah), dan solve (mengkomunikasikan penyelesaian yang telah diperoleh).
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2017-10-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/714
10.33474/jpm.v3i2.714
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 49-59
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/714/704