Profil Learning Trajectory Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Statistika Ditinjau dari Level Kemampuan Kognitif
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Profil Learning Trajectory Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Statistika Ditinjau dari Level Kemampuan Kognitif
|
|
Creator |
Febrinita, Filda
Amalia, Ria |
|
Subject |
Learning Trajectory, statistika, level kemampuan kognitif
|
|
Description |
Berdasarkan hasil ujian akhir matakuliah statistika, 55% mahasiswa prodi Teknik Informatika Unisba Blitar mendapatkan nilai lebih dari 75. Untuk itu, peneliti mengkaji lebih jauh tentang learning trajectory mahasiswa dalam memecahkan masalah statistika ditinjau dari level kemampuan kognitif. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan learning trajectory mahasiswa dalam memecahkan masalah statistika ditinjau dari level kemampuan kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan 4 subjek, yaitu mahasiswa yang telah menempuh matakuliah statistika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan kognitif, tes learning trajectory, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Learning trajectory mahasiswa level kognitif rendah, berada pada level berpikir tingkat 3 ketika memecahkan masalah statistika, yaitu menyelesaikan masalah sederhana secara prosedural. Sementara, Learning trajectory mahasiswa level kognitif tinggi, berada pada level berpikir tingkat 6 ketika memecahkan masalah statistika, yaitu fleksibel dalam menggunakan konsep dan strategi dalam menyelesaikan masalah
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-10-10
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/8656
10.33474/jpm.v7i1.8656 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 9-19
2656-4564 2442-4668 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/8656/7336
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Filda Febrinita, Ria Amalia
|
|