Record Details

Profil Learning Trajectory Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Statistika Ditinjau dari Level Kemampuan Kognitif

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Profil Learning Trajectory Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Statistika Ditinjau dari Level Kemampuan Kognitif
 
Creator Febrinita, Filda
Amalia, Ria
 
Subject Learning Trajectory, statistika, level kemampuan kognitif
 
Description Berdasarkan hasil ujian akhir matakuliah statistika, 55% mahasiswa prodi Teknik Informatika Unisba Blitar mendapatkan nilai lebih dari 75. Untuk itu, peneliti mengkaji lebih jauh tentang learning trajectory mahasiswa dalam memecahkan masalah statistika ditinjau dari level kemampuan kognitif. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan learning trajectory mahasiswa dalam memecahkan masalah statistika ditinjau dari level kemampuan kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan 4 subjek, yaitu mahasiswa yang telah menempuh matakuliah statistika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan kognitif, tes learning trajectory, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Learning trajectory mahasiswa level kognitif rendah, berada pada level berpikir tingkat 3 ketika memecahkan masalah statistika, yaitu menyelesaikan masalah sederhana secara prosedural. Sementara, Learning trajectory mahasiswa level kognitif tinggi, berada pada level berpikir tingkat 6 ketika memecahkan masalah statistika, yaitu fleksibel dalam menggunakan konsep dan strategi dalam menyelesaikan masalah
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-10-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/8656
10.33474/jpm.v7i1.8656
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 9-19
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/8656/7336
 
Rights Copyright (c) 2020 Filda Febrinita, Ria Amalia