Record Details

TERBENTUKNYA KONSEPSI MATEMATIKA PADA DIRI ANAK DARI PERSPEKTIF TEORI REIFIKASI DAN APOS

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TERBENTUKNYA KONSEPSI MATEMATIKA PADA DIRI ANAK DARI PERSPEKTIF TEORI REIFIKASI DAN APOS
 
Creator Kusaeri, Kusaeri
 
Subject Teori Reifikasi, Teori APOS, Mat
 
Description Tujuan penting pembelajaran matematika adalah membantu anak memahami konsep. Dengan memahami konsep, anak dapat mengembangkan kemampuan penalaran dan memecahkan masalah matematika secara baik. Sebaliknya, proses pembelajaran yang hanya menekankan pada latihan (drill) tanpa penanaman konsep yang memadai berakibat anak cenderung menggunakan pengetahuan prosedurnya ketika dihadapkan dengan suatu problem. Kecenderungan ini membawa dampak bila urutan prosedur pada soal diubah atau dimodifikasi, anak akan mengalami kegagalan menyelesaikannya. Untuk itulah, tulisan ini menguraikan dua teori tentang terbentuknya konsepsi matematika, yakni teori reifikasi dan teori APOS. Dengan mencermati  kedua teori tersebut, diharapkan guru semakin menyadari bagaimana seharusnya melakukan proses pembelajaran matematika. Pada teori reifikasi,  proses terbentuk-nya konsepsi pada diri anak melalui tahapan interiorisasi, kondensasi, dan reifikasi. Pada teori APOS, terbentuknya konsepsi objek matematika pada diri anak sebagai hasil dari suatu rangkaian aksi, proses, objek dan skema.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2017-05-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/244
10.33474/jpm.v1i2.244
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 101-105
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/244/304
 
Rights Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika