Record Details

Profil Motivasi Belajar Mahasiswa pad Materi Teori Bilangan di Era Pandemi Covid 19

Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Profil Motivasi Belajar Mahasiswa pad Materi Teori Bilangan di Era Pandemi Covid 19
 
Creator Pramesti, Cicik
Suliana, Riki
Suryanti, Suryanti
 
Subject profil, motivasi belajar, pandemic covid-19
 
Description Pandemi covid-19 berimbas di semua aspek kehidupan, tidak terkecuali pendidikan. Guna memutus penyebaran virus covid 19 ini, diterapkan sistem Work From Home dan Study From Home (Adiwijaya, 2020). Belajar dari rumah hanya dapat dilakukan melalui pembelajaran daring. Pembelajaran daring tersebut tentu mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa. James Drever (Slameto, 2013), menyatakan bahwa motive is an effective factor which operates in determining the direction of an individual’s behavior to wards an end or goal, consioustly apprehended or unconsioustly. Motif merupakan penggerak/daya seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Sehingga pembelajaran daring akan berhasil jika mahasiswa termotivasi untuk belajar. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan saat pembelajaran daring di era pandemi covid-19. Profil motivasi belajar mahasiswa dideskripsikan melalui dimensi motivasi instrinsik dan dimensi motivasi ekstrinsik. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif dengan instrumennya berupa angket. Berdasarkan hasil analisis instrumen angket dapat dideskripsikan bahwa mahasiswa tetap mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar. Hal ini dapat diketahui dari dua dimensi motivasi. Dimensi motivasi intrinsik dapat disimpulkan bahwa belajar mahasiswa sangat dipengaruhi oleh motivasi intrinsik. Mahasiswa sadar bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan. Sedangkan pada dimensi motivasi ekstrinsik disimpulkan bahwa mahasiswa terpengaruh dengan adanya dorongan dari luar terkait dengan metode pembelajaran yang digunakan, pemberian nilai bagus (reinforcement positif) dan masa depan yang cerah. Motivasi ekstrinsik tetap diperlukan, mengingat kondisi mood mahasiswa yang sering berubah-ubah. Sehingga motivasi ekstrinsik harus selalu diciptakan untuk siap siaga tatkala motivasi intrinsik berkurang.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor Universitas PGRI adi Buana Kampus Blitar
 
Date 2021-08-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/13601
10.33474/jpm.v7i2.13601
 
Source Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM); 129-139
2656-4564
2442-4668
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/13601/10588
 
Rights Copyright (c) 2021 Cicik Pramesti